Jalankan Program dengan Empat Skala  

Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Cikarang Pusat Rondi

RADARBEKASI.ID, BEKASIRondi selaku Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Cikarang Pusat tengah menjalankan program dengan empat skala. Yakni, skala umum, skala inti, skala pengembangan, dan skala penunjang.

Pada program skala umum yakni menginformasikan kepada seluruh anggota KKG Kecamatan Cikarang Pusat mengenai kebijakan terkait peningkatan profesionalisme guru.


“Program skala umum adalah setiap kebijakan pendidikan yang kaitannya dengan pengembangan profesionalisme guru dari tingkat daerah sampai dengan tingkat pusat selalu kami berikan secara update kepada guru-guru,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Sabtu (3/12).

Sedangkan program skala inti terdiri dari diskusi tentang berbagai permasalahan dalam pembelajaran, menganalisis kurikulum, kegiatan pendalaman materi, membuat media pembelajaran untuk menghitung, menghafal, dan sebagainya.


“Program inti kami adalah kegiatan guru dalam proses mengajar di kelas. Karena menurut saya suksesnya guru dalam mengajar adalah ketika siswa paham dan berhasil mencerna materi dengan baik. Sehingga tugas kami adalah memberikan metode pembelajaran yang bervariasi dan bermakna,” jelas pria berusia 38 tahun tersebut.

Sementara program skala pengembangan, yakni wadah untuk mengembangkan keprofesian guru yang berkelanjutan. Program ini dijalankan dengan penelitian tindakan kelas, mengikuti seminar atau lokakarya, mengadakan komunitas belajar profesional, dan mengadakan pengembangan profesional guru.

BACA JUGA: Sekolah di Kota Bekasi Butuh Guru Agama hingga Bahasa Inggris

“Beberapa program pengembangan ini dilakukan agar guru tidak stak dengan ilmu yang itu-itu saja, jadi harus ada pengembangan yang dilakukan secara berkelanjutan,” terangnya.

Terakhir, program skala penunjang yakni untuk menambah wawasan serta keterampilan para anggotanya. Program ini meliputi pengembangan guru melalui teknologi.

“Sistemnya adalah sharing dari guru kepada sesama guru. Jadi tidak timbul rasa malu untuk belajar karena sistemnya adalah sharing,” ucapnya.

Rondi berharap, pembagian program sesuai dengan tujuan dari KKG dapat berjalan sesuai yang direncanakan dan disepakati bersama. “Saya dan teman-teman guru berharap semua program yang sudah dirancang bisa berjalan dengan baik dan bisa berjalan sesuai dengan apa yang sudah disepakati bersama,” pungkasnya.

Berprestasi di Bidang Pendidikan dan Olahraga

Rondi merupakan guru berprestasi. Tidak hanya di bidang pendidikan, guru di SDN Cicau 02 ini memiliki sederet prestasi di bidang olahraga.

Prestasi Rondi di bidang pendidikan antara lain, juara 1 Guru Berprestasi tingkat Kecamatan Cikarang Pusat 2017, juara 1 Guru Berprestasi tingkat Kecamatan Cikarang Pusat 2018, dan juara harapan 1 Guru Berprestasi tingkat Kabupaten Bekasi 2018.

“Saya cuma bisa bersyukur atas apa yang saya dapatkan saat ini. Ini merupakan sebuah pengalaman yang tidak akan pernah saya lupakan dan kelak akan saya ceritakan kepada anak dan cucu-cucu saya,” ungkap Rondi.

Sedangkan di bidang olahraga, antara lain juara 1 Badminton Ganda Putra tingkat PGRI Kecamatan Cikarang Pusat  2022, juara 1 Badminton Ganda Putra tingkat PGRI Kecamatan Cikarang Pusat 2021, dan juara 3 Badminton Open Beregu tingkat Kabupaten Bekasi 2020.

“Senang sekaligus bangga di umur saya yang saat ini masih bisa berpartisipasi di cabang olahraga yang memang saya sukai,” ucapnya.

Bermain badminton selama satu sampai dua jam rutin dilakukan oleh Rondi. Setiap Selasa dan Jumat, dirinya selalu menyempatkan bermain bulutangkis di GOR Deltamas Sport Center.

“Nggak usah lama-lama yang penting rutin dan membangkitkan semangat agar tidak malas. Alhamdulillah saya menjalani aktivitas ini rutin setiap minggunya,” ucapnya. (dew)

 

BIODATA

Rondi

Lahir: Bekasi, 20 Agustus 1984

Riwayat Pendidikan:

– SDN Jayamukti 02 (1997)

– SMPN 1 Cikarang Timur (2000)

– SMAN Cikarang Utara (2003)

– D2 PGSD Universitas Pendidikan Indonesia (2006)

– S1 PGSD Universitas Pendidikan Indonesia (2009)