PAN PAW Anggota DPRD Kabupaten Bekasi

Ketua DPD PAN Kabupaten Bekasi Daeng Muhammad

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Bekasi mengambil sikap tegas dengan melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) kepada kader yang saat ini duduk sebagai anggota DPRD Kabupaten Bekasi Faizal Rizal Ramadhan. Pria yang akrab disapa Jalu ini akan digantikan oleh Karsih, rekan satu partainya di Daerah Pemilihan (Dapil) lima saat Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Ketua DPD PAN Kabupaten Bekasi Daeng Muhammad mengatakan, surat PAW sudah turun dari DPP partai yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum Zulkifli Hasan dan Sekretaris Jenderal Eddy Soeparno. Sebelum dikeluarkan surat PAW, kata Daeng, yang bersangkutan dipanggil ke DPP untuk melakukan klarifikasi perihal laporan yang disampaikan DPD PAN Kabupaten Bekasi.


“Kita hanya mengajukan pelaporan-pelaporan berkaitan dengan apa yang terjadi. Keputusan berkaitan dengan itu kita sampaikan ke DPP, pernah dipanggil oleh DPP dan keputusan berkaitan pergantian itu diputuskan langsung oleh DPP,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Senin (9/1/2023).

Namun, Daeng yang merupakan Anggota DPR RI Dapil Jawa Barat VII ini enggan membeberkan pelaporan apa yang disampaikan ke DPP perihal kelakuan Faizal Rizal Ramadhan. Hal itu mengingat laporan yang disampaikan bukan konsumsi publik, melainkan hanya internal partai.


“Banyak hal buat saya itu nggak penting dibuka. Itu internal partai saja. Jadi kita bikin rangkap untuk laporan ke DPW dan DPP. Kronologi semuanya ada disitu. Intinya yang bersangkutan tidak taat aturan partai,” ucapnya.

BACA JUGA: PAN Proses PAW Anggota DPRD Kota Bekasi yang Meninggal

Saat ini Daeng memastikan, surat PAW itu sudah dalam proses. Bahkan sudah di tandatangani rekomendasi dari Pj bupati untuk ke gubernur. Termasuk Ketua Dewan dan KPU sudah mengetahuinya. Sedangkan untuk nama penggantinya sudah diajukan yaitu Karsih, yang selisih suaranya hanya sekitar 90 dengan Faizal Rizal Ramadhan pada Pileg 2019.

Pada kesempatan ini dirinya menegaskan, partai yang dipimpinnya tidak hanya butuh anggota DPRD. Tetapi juga butuh anggota DPRD yang mengadvokasi kepentingan rakyat, memberikan solusi, dan mengayomi seluruh kader PAN.

“Buat saya PAN harus mengambil sikap dengan kondisi seperti itu. Kita butuh anggota dewan yang bisa menjaga integritas sebagai kader, menjaga kepercayaan publik, menjaga nama baik marwah partai. Dengan apa, akhlakul karimah. Menjaga akhlak yang baik, menjaga perilaku, memberikan kesejukan kepada rakyat, bukan persoalan,” jelasnya.

Sementara itu, Faizal Rizal Ramadhan enggan menanggapi persoalan PAW yang menimpa dirinya ini. “Nggak tahu itu mah, urusan partai,” ucap pria yang akrab disapa Jalu ini, saat dimintai tanggapan melalui telepon.(pra)