Siswa Diminta Tak Menyerah, Jika Gagal Buat Akun SNPMB Coba Lagi

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMKN 8 Kota Bekasi mengikuti pembelajaran di kelas. Siswa diminta tak menyerah dalam membuat akun SNPMB 2023. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASISiswa diminta tak menyerah dalam membuat akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023. Jika gagal dalam proses pembuatannya agar dapat mencoba lagi.

Diketahui, siswa maupun sekolah sudah bisa membuat akun SNPMB 2023 mulai Selasa 9 Januari 2023 mulai pukul 15.00 WIB. Pembuatan akun SNPMB merupakan syarat untuk mengikuti SNPMB melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).


Ketua Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMK Kota Bekasi Heri Purnomo menjelaskan, sekolah sudah mengingatkan siswa untuk membuat akun SNPMB.

“Melihat dari beberapa tahapan yang akan dijalani, saat ini sejumlah sekolah sudah mulai mengingatkan siswa untuk membuat akun SNPMB,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Selasa (10/1).


Menurut guru BK di SMKN 7 Kota Bekasi ini, pengalaman dari tahun lalu sejumlah siswa kerap mengalami kesulitan dalam pembuatan akun untuk mendaftar perguruan tinggi negeri.

“Ada siswa yang sudah mencoba satu atau dua kali tapi masih gagal dan ada juga yang sudah mencoba enam kali tapi masih gak bisa. Jadi kami ingatkan kepada siswa untuk segera membuat akun tersebut,” jelasnya.

BACA JUGA: Sekolah Beri Pendampingan Siswa Jelang Kelulusan

Siswa diminta tak menunda dalam pembuatan akun tersebut. Meskipun waktu pembuatan akun SNPMB ini cukup panjang sampai dengan 15 Februari 2023.

“Waktunya memang panjang, tapi kadang waktu panjang ini suka disepelekan nanti-nanti saja. Pas udah harinya gagal terus malah nanti terburu-buru dan hasilnya tidak maksimal,” tuturnya.

Jika siswa sudah mengisi data diri secara lengkap dan menjalankan tahapan pembuatan akun dengan benar, proses pembuatan akun akan lebih mudah. Namun jika ada kegagalan dalam proses pembuatan disebabkan gangguan sistem, siswa dapat mencobanya lagi.

“Jika link yang dibuka sudah benar, kemudian dilakukan sesuai dengan tahapan dan kelengkapan data diri sudah dirasa benar maka prosesnya pembuatan akun akan lebih mudah. Tapi memang jika sudah menjalani itu semua tapi masih tetap gagal, berarti sistemnya yang memang belum ready dengan baik,” terangnya.

Dalam hal ini siswa diminta untuk tetap terus memantau dan mencoba pembuatan akun sampai berhasil. “Dicoba terus, kalau sudah berhasilkan akan lebih tenang juga karena sudah memiliki akun tersebut,” ucapnya.

Sementara Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMKN 8 Kota Bekasi Hikmah Tuloh Sidik mengungkapkan, pihaknya sudah mengingatkan siswa untuk membuat akun SNPMB.

“Kami sudah ingatkan dan tentunya kami lakukan pendampingan kepada siswa di dalam proses tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, siswa yang gagal dalam pembuatan akun mesti mencoba lagi sampai berhasil. Untuk memastikan siswa dapat membuat akun, pihak sekolah memberikan pendampingan.

“Memang ada yang gagal sehingga harus mencoba lagi, makanya dalam hal ini kami lakukan proses pendampingan gunanya untuk mengingatkan siswa agar dapat dengan cepat membuat akun tersebut,” tuturnya. (dew)