Sekolah Beri Pendampingan Siswa Jelang Kelulusan

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMAN 1 Sukakarya diskusi dengan gurunya di kelas. Sekolah melalui wali kelas pada semester dua tahun ajaran 2022/2023 ini memberikan pendampingan untuk siswa kelas XII agar dapat meningkatkan motivasi belajar mereka. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASISekolah melalui wali kelas pada semester dua tahun ajaran 2022/2023 ini memberikan pendampingan untuk siswa kelas XII agar dapat meningkatkan motivasi belajar mereka jelang kelulusan.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 8 Kota Bekasi Istiyo Wahyuni mengatakan, bahwa siswa kelas XII memiliki kegiatan cukup padat pada semester dua ini.


“Memasuki semester dua memang untuk kelas XII akan dihadapi sejumlah kegiatan penilaian. Memang kegiatannya cukup padat,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Senin (9/1).

Dimulai pada awal Januari 2023, siswa kelas XII akan dihadapi persiapan proses masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Kemudian, disusul kegiatan penilaian lainnya.


“Pada Februari itu siswa akan dihadapi pada proses penilaian portofolio, kemudian ujian praktik dan Maretnya akan kami laksanakan ujian sekolah,” tuturnya.

Padatnya kegiatan membuat siswa kelas XII tidak memiliki waktu untuk bermain-main maupun bersantai. Dikatakan, pihaknya melalui wali kelas memberikan pendampingan kepada siswa untuk meningkatkan motivasi belajar.

“Mereka tentu membutuhkan pendampingan agar tidak timbul rasa malas dan dapat menyelesaikan proses penilaian dengan tepat waktu,” ucapnya.

BACA JUGA: Siswa di Kota Bekasi Diminta Tak Bawa Lato-lato ke Sekolah

Hal senada disampaikan Kepala SMA Tulus Bhakti TB Kota Bekasi Margo Cahyono. Dikatakan,  kegiatan siswa kelas XII memang cukup padat jelang kelulusan tahun ini.

“Memasuki semester dua ini siswa akan melakukan beberapa penilaian pada proses kelulusan,” ucapnya.

Penilaian tersebut antara lain, penilaian portofolio, ujian praktek dan diakhiri penilaian ujian sekolah. “Di awal Januari memasuki semester dua ini, siswa sudah diarahkan untuk fokus pada proses penilaian yang akan dilaksanakan. Jadi memang membutuhkan persiapan fisik dan pikiran cukup ekstra,” ucapnya.

Oleh karena itu, pihaknya memberikan pendampingan kepada siswa kelas XII agar dapat meningkatkan motivasi belajar jelang kelulusan. “Motivasi perlu diberikan agar siswa dapat lebih semangat, jadi dari pihak sekolah melalui wali kelas dibantu dengan guru mata pelajaran akan memberikan pendampingan dan motivasi karena biasanya anak-anak akan mengalami kelelahan dan kejenuhan dalam proses tersebut,” terangnya.

Margo menambahkan, setelah proses ujian sekolah dilaksanakan siswa kelas XII baru memiliki cukup banyak waktu untuk beristirahat.

“Setelah ujian sekolah siswa sudah tidak ada lagi kegiatan, jadi tinggal menunggu proses pengumuman kelulusan Mei nanti,” pungkasnya. (dew)