Terima Kasih Bekasi

Andi Ahmadi

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Alhamdulillahirabilalamin…. Hari ini koran Radar Bekasi berusia 14 tahun. Usia yang sudah tua untuk ukuran koran lokal mampu bertahan hidup di tengah derasnya persaingan media massa termasuk gempuran informasi melalui media sosial.

Banyak media cetak atau majalah berbahan kertas ini yang berguguran semenjak lima tahun terakhir. Saya tidak bisa menyebutkan, koran atau majalah apa yang gulung tikar tersebut. Yang pasti, mereka itu ada yang berbasis di Jakarta dan banyak juga kotan-koran lokal sejenis Radar Bekasi memilih tidak terbit lagi. Tentu banyak alasan yang menyebabkan koran itu tidak bisa bertahan lama.


Bagi kami, koran Radar Bekasi merupakan aset yang harus terus hidup.

Harus tetap terbit, dengan berinovasi, berintegrasi, berjejaring serta berkolaborasi lalu mengintegrasikan diri ke ranah digital sesuai perkembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK).


Radar Bekasi memiliki portal online www.radarbekasi.id,

Juga memproduksi E-PAPER koran digital yang bisa diakses android. Kehadiran koran digital ini menjadi tantangan bagi masyarakat di tengah kecanggihan teknologi gawai. Hanya saja, meski gawai nyaris dimiliki semua orang, kemauan masyarakat untuk mengakses koran digital itu masih perlu ditingkatkan.

Selain portal online, Radar Bekasi juga memproduksi berita-berita melalui Youtube, podcast visual serta memanfaatkan media sosial lain seperti instagram, tik tok, facebook, tweeter untuk menyebarluaskan berita-berita terkini yang dibutuhkan masyarakat.

Kolaborasi media cetak, media online dan medsos akan memudahkan masyarakat mendapatkan informasi yang cepat.

Koran seperti pernah disampaikan dalam tulisan Dahlan Iskan saat Radar Bekasi berusia sembilan tahun, harus menjadi clearing house atas maraknya informasi yang seliweran di media sosial.

Tentu apa yang dikatakan Dahlan Iskan itu tepat sekali. Sebabnya, koran dapat meluruskan atas berita berita hoax tersebut sekaligus membongkar dan membuka serta menginformasikan ulang tentang kebenaran yang sesungguhnya.

Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada para agen yang masih setia menjual Radar Bekasi. Terima kasih kepada Pemda Kota dan Kabupaten Bekasi juga Pemprov Jabar serta semua klien yang masih menggunakan koran Radar Bekasi sebagai media untuk mensosialisasikan program-program pembangunan. Tentu kami pun akan tetap menjadi terdepan dalam mengkritisi segala kebijakan dan program pembangunan itu dengan tetap menulis berita secara berimbang dan profesional. Apapun yang terjadi ke depan koran Radar Bekasi akan terus terbit mengawal kepentingan masyarakat Bekasi. Terima kasih Bekasi. (*)