Berita Bekasi Nomor Satu

Pedagang Dorong Percepatan Pembangunan PIC

ANGKUT DAGANGAN: Pedagang membawa sayur mayur yang dibeli dari Pasar Induk Cibitung, untuk dijual ke masyarakat Kabupaten Bekasi, Kamis (16/2). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Para pedagang sayur mayur dan buah-buahan di Pasar Induk Cibitung (PIC), Kabupaten Bekasi, merasa lega karena dalam waktu dekat ini akan menempati lapak baru, dimana pembangunan tahap kedua pasar segera rampung.

Sebelum proses pembangunan Pasar Induk Cibitung selesai, untuk sementara ini, para pedagang sayur mayur dan buah-buahan menempati lahan penampungan sementara. Pedagang berharap, dalam waktu dekat ini bisa secepatnya pindah untuk menempati lapak yang baru tersebut.

Pimpinan Cabang PT Citra Prasasti Konsorindo Cabang Kabupaten Bekasi, Muchtar mengatakan, pada prinsipnya, selaku kontraktor yang dipercaya membangun Pasar Induk Cibitung, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan dan kerjasama antara PT Citra Prasasti Konsorindo Cabang Kabupaten Bekasi, dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, khususnya Dinas Perdagangan dan Pasar.

“Tanpa kerjasama yang baik dengan seluruh pihak, proses pembangunan Pasar Induk Cibitung ini tetap berjalan lancar, meskipun ada pihak-pihak yang kurang suka, akan tetapi Alhamdulilah, semua bisa berjalan dengan baik,” ucapnya saat dimintai keterangan, Kamis (16/2).

Pasar Induk Cibitung adalah sentralnya jual beli kebutuhan sayur-mayur dan buah-buahan, sekaligus penyuplai kebutuhan masyarakat Bekasi dan sekitarnya. Untuk itu, perlu adanya penataan sarana dan prasarana pendukung pasar yang nyaman dan aman. Dengan adanya Pasar Induk Cibitung, diharapkan dapat meningkatkan Pendapat Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bekasi.

Lalu kedepannya, jika nanti Pasar Induk Cibitung sudah selesai dilakukan pembangunan, akan segera ditempati oleh para pedagang, agar bekerjasama mentaati aturan yang sudah disepakati.

“Bagi para pedagang yang sudah menyelesaikan kewajibannya, silahkan untuk menempati lapak sesuai dengan nomor lapak masing-masing. Tetapi bagi para pedagang yang belum menyelesaikan kewajibannya, diharapkan untuk tidak menempati lapaknya terlebih dahulu,” harap Mochtar.

Dirinya juga menambahkan, bahwa pembangunan Pasar Induk Cibitung, sepenuhnya dilaksanakan PT Cipako atau PT Citra Prasasti Konsorindo Cabang Kabupaten Bekasi.

Pasalnya, pimpinan cabang Sampang sudah dibubarkan sesuai SK nomor 003/CPK/XII/2012, yang isinya Direktur Utama atas persetujuan Komisaris PT Cipako atau PT Citra Prasasti Konsorindo, telah memberhentikan pimpinan cabang Sampang dan mencabut akta pendirian cabang Sampang sejak tanggal 1 Desember 2022.

Sekretaris Rukun Warga Pasar (RWP) Induk Cibitung, Ahmad menuturkan, setelah selesainya pembangunan tahap kedua Pasar induk Cibitung ini, diharapkan para pedagang yang saat ini berada di penampungan sementara, bisa pindah ke lapak yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

“Disamping itu, pengelola pasar agar segera merapikan dan menata marka jalan, petunjuk arah, penampungan tempat sampah, keamanan dan kantong parkir, serta penerangan jalan. Hal ini penting, agar pembeli dan pedagang merasa aman, nyaman, dan bersih,” saran Ahmad.

Sementara pedagang sayur di Pasar Induk Cibitung, Nasir, mengaku bahwa dirinya sangat menyambut baik dengan adanya pembangunan pasar tersebut.

“Dengan selesainya pembangunan Pasar Induk Cibitung ini, diharapkan dapat memberikan manfaat yang baik bagi para pedagang, dan omset penjualan bisa meningkat lagi seperti semula,” tutup Nasir. (and)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin