Berita Bekasi Nomor Satu

Raih Medali Perunggu di Ajang Kompetisi Internasional

Billy Alfaddarojat

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Billy Alfaddarojat (18)  meraih prestasi membanggakan dalam ajang Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2023. Ia berhasil membawa pulang medali perunggu dalam kompetisi internasional tersebut.

Billy-sapaan akrabnya mesti kerja keras dalam meraih prestasi tersebut. Sebab, acara itu diikuti oleh 368 tim yang berasal dari 15 negara partisipasi. Ia pun merasa bersyukur atas perolehan prestasinya.

“Alhamdulillah dari banyaknya tim dan negara yang berpartisipasi, hasil karya inovasi ini berhasil mendapatkan medali perunggu,” ungkapnya.

Billy mengatakan, dalam acara itu dirinya mengikuti karya inovasi di bidang biologi. Yakni “Atraktan Lalat Buah” yang merupakan sebuah obat alami pembasmi lalat buah.

“Karya inovasi ini saya buat karena kebetulan di sekolah kami itu kan memang banyak pohon mangga, nah dari hasil panennya tuh nggak selalu mulus waktu itu akibat serangan lalat buah. Jadi ide itu muncul karena persoalan yang kami temukan,” jelasnya.

Pembuatan inovasi tersebut membutuhkan proses yang cukup panjang. Dari mulai riset, pembuatan bubuk daun, perendaman, hingga proses lebih lanjut.

BACA JUGA: Tim Pencak Silat SDN Jatirahayu VI Raih Medali Emas Kapolri Cup 1 2023

“Kami lakukan semua riset ini di lab kurang lebih memakan waktu dua bulan lebih. Dengan bahan dasar yang kami gunakan adalah daun kecapi,” tuturnya.

Karya inovasi yang ditampilkan adalah berbentuk cairan yang bisa disemprotkan. Dari hasil uji coba karya tersebut terbukti ampuh membasmi lalat buah.

“Untuk produk akhirnya berbentuk cairan, tapi penelitian aku belum sampai ke produk siap pakai, hanya sampai pengujian produk atraktan saja. Tapi untuk pembuatan produk siap pakai masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, ” terangnya.

Proses dalam pembuatan karya inovasi membuatnya banyak belajar bahwa tidak mudah untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Dirinya berharap kompetisi ini bisa memberikan motivasi yang lebih untuk dirinya agar bisa lebih berkembang.

“Aku berharap bisa membuat sebuah karya inovasi lain yang bermanfaat bagi banyak orang. Ini adalah pengalaman yang tidak akan pernah aku lupakan,” pungkasnya. (dew)

 

 

 

 

 

 

 

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin