Berita Bekasi Nomor Satu

Harga Kebutuhan Pokok Diklaim Stabil

ILUSTRASI : Pedagang merapikan barangnya di Toko Pasar Baru, Kota Bekasi. Ketersediaan bahan pokok aman sampai akhir tahun. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kepala Seksi Perdagangan pada Disdagperin Kota Bekasi, Eko Wijatmiko menyampaikan bahwa saat ini sejumlah harga bahan pokok jelang idul adha masih terbilang stabil.

Pihaknya memprediksi kenaikan harga kebutuhan pokok tidak seperti pada perayaan Idul Fitri.

“Harga bahan pokok saat ini cukup stabil,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Senin (5/6).

Meski beberapa harga dalam kondisi stabil ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga yaitu bawang putih dan bawang merah.

“Hanya ada beberapa komoditas saja yang mengalami peningkatan, selebihnya harga komoditas lain masih stabil,” tuturnya.

Harga telur saat ini masih Rp 31 ribu per kilogram. Pihaknya menyebut permintaan barang saat Idul Adha tidak seperti hari raya Idul Fitri, sehingga komoditas bahan pokok tidak cukup meningkat.

“Berbeda dengan idul fitri, karena idul adha itu kebanyakan orang dapet daging biasa nya, kalau kenaikan biasa ada pada cabai, bawang yang lainnya aman,” terangnya.

Saat ini peningkatan komoditas harga bahan pokok terjadi pada jenis bawang putih yaitu meningkat di harga Rp 34 ribu per kilogram, kemudian bawang merah meningkat di harga Rp 45 ribu per kilogram.

“Bawang merah dan bawang putih yang saat ini terlihat meningkat, selebihnya normal dan belum terlihat adanya peningkatan,” tuturnya.

Terpisah, Anggota Komisi III Fraksi PKS Latu Har Hary menyampaikan, bahwa pihaknya belum merencanakan sidak ke sejumlah pasar jelang idul adha. “Untuk itu kami belum jadwalkan,” jelasnya.

Disampaikan bahwa terkait pengawasan dan juga kontrol terhadap harga bahan pokok, menjadi tugas utama kementerian terkait, sehingga dalam hal ini pihak DPRD tidak bisa bertindak banyak.

“Cuma untuk pengontrolan harga bahan pokok itu menjadi tugas utama kementerian dan juga kebijakan dari pusat. Namun demikian kami akan tetap kontrol melalui pihak Disperindag Kota Bekasi,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin