Berita Bekasi Nomor Satu

Gosip Sasar Usia Produktif

Kepala UPTD Puskesmas Kalibaru, Sulistyowati

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Antisipasi terhadap Penyakit Tidak Menular (PTM) gencar dilakukan oleh UPTD Puskesmas Kalibaru, Kecamatan Medansatria, Kota Bekasi. Screening dilakukan di tiap lingkungan RW lewat kegiatan Gebyar Kelompok Usia Produktif (Gosip).

Ada beragam penyakit yang masuk dalam kelompok PTM ini. Meskipun tidak menular dari satu orang ke orang yang lain, PTM perlahan akan memperburuk kondisi kesehatan seseorang dalam jangka waktu yang panjang.

Antisipasi nampaknya memang harus dilakukan guna menjaga kesehatan masyarakat. Terlebih, pada perjalanan awal PTM seringkali tidak bergejala, bahkan banyak tidak diketahui oleh pengidapnya.

Sejak Oktober, screening dilakukan secara masif di tiap lingkungan RW oleh UPTD Puskesmas Kalibaru. Menyasar masyarakat usia produktif, mulai dari usia 15 hingga 59 tahun.

“Screening kesehatan ini bertujuan untuk mengantisipasi, deteksi dini terhadap kondisi kesehatan masyarakat,” kata Kepala UPTD Puskesmas Kalibaru, Sulistyowati, Selasa (31/10).

Petugas berkeliling lingkungan RW di wilayah Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Medansatria. Selasa (31/10) kemarin, Gosip dilaksanakan di lingkungan RW 02, tepatnya di Posbindu Tulip 1.

Screening dimulai pukul 08:30 WIB, nampak satu persatu warga mendatangi Posbindu untuk memeriksakan kondisi kesehatan mereka. Pemeriksaan dilakukan mulai dari tensi darah hingga Inspeksi Visual Asam Asetat ( IVA ) Test bagi perempuan yang sudah menikah.

“Pelaksanaannya seperti ini, pemeriksaan tensi darah, mengukur berat badan, tinggi badan, lingkar perut, cek gula darah, lalu screening deteksi dini kanker mulut rahim,” ungkapnya.

Secara sederhana, ia menjelaskan bahwa pemeriksaan gula darah dilakukan untuk mengantisipasi penyakit Diabetes Melitus (DM). Kemudian pemeriksaan tensi darah untuk mengantisipasi penyakit hipertensi, serta pengukuran lingkar perut untuk mengantisipasi obesitas.

Rencananya, Gosip akan berlangsung hingga masyarakat di semua lingkungan RW terjangkau. Dijadwalkan sampai dengan tanggal 10 November mendatang.

“Kita jadwalkan mulai hari Senin sampai Jumat, mulai pukul 08:30 sampai pukul 11:00 WIB,” tambahnya. (ADV/sur)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin