Berita Bekasi Nomor Satu
Bisnis  

Metland Catatkan Kenaikan Laba

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Memasuki semester dua 2023, PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) pada kuartal tiga 2023 membukukan laba bersih sebesar Rp301 miliar atau naik 12 persen dibandingkan periode yang sama sebesar Rp269 miliar. Pendapatan usaha MTLA pada kuartal tiga 2023 sebesar Rp1,284 triliun atau tumbuh sebesar 29 persen dari tahun sebelumnya pada periode yang sama sebesar Rp995 miliar.

“Laba Perseroan meningkat ditopang oleh peningkatan pendapatan dari penjualan properti di unit usaha residensial yang naik hingga 35 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya dan pendapatan berulang yang naik 16 persen dari tahun sebelumnya,” ungkap Direktur PT Metropolitan Land Tbk, Olivia Surodjo, pada acara paparan publik mengenai kinerja dan rencana Perseroan untuk pengembangan proyek, Senin (13/11).

Metland Cibitung, Metland Cileungsi dan Metland Cyber Puri memberikan kontribusi terbesar pada pendapatan penjualan Perseroan.

“Penjualan rumah tapak masih cukup baik dan isu politik masih dalam situasi yang menurut kami kondusif,” tambah Olivia.

Sementara pendapatan berulang Perseroan didorong oleh Metropolitan Mall Bekasi, Grand Metropolitan dan Hotel Horison Ultima Bekasi.

Kontribusi masing-masing bidang usaha MTLA terhadap total pendapatan adalah 71 persen dari penjualan dan 29 persen dari pusat perbelanjaan, hotel, pusat rekreasi dan pendapatan lain-lain.

Selain itu, tercatat nilai aset Perseroan pada akhir kuartal III tahun 2023 senilai Rp6,9 triliun dan ekuitas Perseroan Rp5,04 triliun. Pendapatan Perseroan versi marketing sales hingga Oktober 2023 sebesar Rp1,3 triliun atau 73 persen dari target 2023.

“Kami menyambut baik kebijakan Pemerintah untuk kembali memberikan insentif PPN DTP. Masyarakat yang sudah siap secara finansial dapat langsung memanfaatkan program ini untuk melakukan pembelian dan tidak menunda-nunda, sehingga diharapkan dapat mengejar target sales hingga akhir tahun,” jelas Olivia.

Pengembangan Proyek Berjalan

Saat ini Perseroan memiliki 21 proyek, diantaranya 19 proyek telah berjalan dan dua proyek lainnya dalam persiapan. Perseroan hingga kuartal III tahun 2023 telah menambah proyek baru diantaranya unit usaha One District at Puri, sebuah area commercial block yang berada di dalam kawasan Metland Cyber Puri.

Selain itu, MTLA juga telah mengoperasikan unit komersial baru yaitu Hotel Horison Ume Suites & Villas Ubud di Bali pada pertengahan tahun 2023 yang lalu.

Perseroan terus melanjutkan pemasaran proyek residensial seperti Metland Cyber Puri yang memasarkan cluster The Nortbend phase 3, Metland Menteng yang memasarkan Cluster Costaria, Metland Transyogi Cibubur yang memasarkan Cluster Ivory, Metland Cileungsi yang memasarkan tipe Alstonia dan Metland Cibitung yang memasarkan cluster Barcelona Cove. Selain itu, Perseroan akan segera meluncurkan proyek residensial terbarunya yaitu Metland Cikarang pada akhir 2023. (oke)

 

 

 

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin