Berita Bekasi Nomor Satu

Resensi Buku Manajemen Pendidikan

Judul Buku: Manajemen Pendidikan

Penulis: Wiwin Fachrudin Yusuf, M.A

Penerbit:  Diva Pustaka

Tahun Terbit: Cetakan 1, September 2022

Jumlah Halaman: 234 Halaman

Ukuran Buku: 15×23 cm

ISBN: 978-623-8039-11-1

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Buku karya Wiwin Fachrudin Yusuf ini memiliki beberapa perbedaan dan keunggulan dibandingkan dengan buku sejenis lainnya dalam hal isinya dan pendekatan praktisnya. Saya membandingkan dengan buku lain yang perbandingan dapat dicatat

seperti berikut: Perbandingan antara buku“ Manajemen Pendidikan (Kajian Praktis dalam Manajemen Lembaga Pendidikan) ” dengan buku “ Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan ” yang ditulis oleh Dr. Drs. H. Suhadi Winoto, B.A., M.Pd.

a) Buku berjudul “ Manajemen Pendidikan (Kajian Praktis dalam Manajemen Lembaga Pendidikan) ” diterbitkan pada tahun 2022.

– Dalam buku ini menawarkan pendekatan praktis dalam menjelaskan konsep-konsep dasar manajemen lembaga pendidikan.

– Setiap bab buku ini memberikan penjelasan yang sistematis dan mudah untuk dipahami oleh pembaca, serta contoh-contoh yang relevan.

– Menyediakan informasi yang terperinci tentang berbagai komponen dan fungsi manajemen pendidikan terutama dalam konteks lembaga pendidikan.

b) Sedangkan buku berjudul “ Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan ” oleh Dr. Drs. H. Suhadi Winoto, B.A., M.Pd diterbitkan pada tahun 2020.

– Buku ini dirancang khusus untuk mahasiswa dan praktisi pendidikan, terutama di lingkungan sekolah maupun madrasah.

– Buku ini memperluas pengetahuan pembaca tentang teori, konsep, proses, dan praktek dalam manajemen pendidikan di tingkat sekolah ataupun madrasah.

– Setiap bab buku ini mencakup berbagai aspek manajemen pendidikan, termasuk konsep dasar, fungsi, praktek, perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, motivasi, peningkatan mutu pendidikan, budaya sekolah, pengawasan, supervisi, manajemen berbasis sekolah/madrasah, dan komite sekolah/madrasah.

Memang kedua buku tersebut memiliki beberapa kesamaan, seperti halnya dalam memberikan penjelasan yang jelas dan relevan serta panduan praktis dalam penerapan manajemen pendidikan di lingkungan sekolah ataupun madrasah. Namun, ada beberapa hal yang menjadi perbedaan dalam fokus dan pendekatan keduanya yaitu:

– “ Manajemen Pendidikan (Kajian Praktis dalam Manajemen Lembaga Pendidikan) ” lebih menekankan pendekatan praktis dan memberikan contoh-contoh yang sesuai. – “ Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan ” lebih mencakup pada aspek manajemen pendidikan dan memberikan pemahaman yang mendalam tentang teori, konsep, dan praktek dalam manajemen pendidikan di tingkat sekolah atau madrasah.

Jadi, pada dasarnya pilihan antara kedua buku ini tergantung kebutuhan pembaca. Jika memang pembaca ingin mencari pendekatan praktis dengan contoh-contoh yang relevan, maka buku yang saya resensi “ Manajemen Pendidikan (Kajian Praktis dalam Manajemen Lembaga Pendidikan) ” mungkin lebih sesuai.

Sedangkan, jika pembaca ingin memperluas pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang manajemen pendidikan, buku “Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan” bisa menjadi pilihan yang baik. Sepertinya itu mengenai perbandingan antara kedua buku dengan buku yang saya resensi tersebut.

Ulasan Isi Buku

Mengenai b uku “Manajemen Pendidikan (Kajian Praktis dalam Manajemen Lembaga Pendidikan)” membahas cukup banyak terkait berbagai konsep dasar manajemen lembaga pendidikan dan memberikan panduan praktis dalam mengelola lembaga pendidikan dengan lebih baik.

Isi buku ini mencakup berbagai komponen dan fungsi manajemen yang diperlukan dalam lembaga pendidikan, seperti manajemen sekolah, manajemen kelas, manajemen kesiswaan, manajemen personalia, manajemen sarpras, manajemen kepemimpinan, manajemen humas, manajemen keuangan, manajemen kurikulum, manajemen konflik, dan manajemen mutu terpadu.

Buku ini dapat dijadikan panduan yang berharga bagi para praktisi pendidikan, pendidik, dan calon pendidik dalam memanajemen lembaga pendidikan yang lebih baik, serta dapat mengembangkan kompetensinya dalam merencanakan dan mengelola lembaga pendidikan agar terus berkembang.

Manajemen lembaga pendidikan menjadi suatu bentuk upaya pemberdayaan lembaga pendidikan dan lingkungan untuk mewujudkan lembaga pendidikan yang mandiri dan efektif melalui optimalisasi peran dan fungsi lembaga pendidikan. Dalam buku ini, isi pembahasan sebagai berikut:

– Bab I membahas konsep dasar manajemen lembaga pendidikan terkait pengertian, tujuan dan prinsip dasar dalam praktik manajemen lembaga pendidikan.

– Bab II membahas komponen manajamen terkait konsep dasar, fungsi dan komponen manajemen lembaga seperti manajemen kurikulum, pengajaran dan sarana prasarana.

– Bab III membahas manajemen sekolah yang cukup komplek baik itu dari konsep dasar, tujuan, fungsi, langkah, dan karakteristik manajemen sekolah yang efektif.

– Bab IV membahas manajemen kelas seperti konsep dasar, fungsi, tujuan, langkah-langkah, pengelolaan ruang kelas bahkan contoh model penataan tempat duduk siswa.

– Bab V membahas manajemen kesiswaan seperti konsep dasar, terdapat penjelasan langkah-langkah dan faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhinya.

– Bab VI membahas manajemen personalia (SDM) terkait konsep dasar, fungsi, prinsip pendayagunaan sarana prasarana dan langkah dalam penerapan manajemen personalia.

– Bab VII membahas manajemen sarpras terkait konsep dasar, fungsi, prinsip. manfaat dan langkah-langkah dalam penerapan manajemen sarana dan prasarana.

– Bab VIII membahas konsep dasar, macam-macam tipe kepemimpinan, prinsip dan faktor yang mempengaruhi pemimpin serta langkah dalam manajemen kepemimpinan.

– Bab IX membahas konsep dasar, tujuan, program, media humas di lembaga pendidikan, dan upaya membangun hubungan masyarakat terkait manajemen humas.

– Bab X membahas konsep dasar, tujuan, prinsip, sumber, strategi dan langkah dalam manajemen keuangan bahkan ada pembahasan audit dalam manajemen keuangan.

– Bab XI membahas konsep dasar, ruang lingkup, prinsip, fungsi dan langkah-langkah manajemen kurikulum baik itu dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

– Bab XII membahas konsep dasar, tujuan, jenis, faktor-faktor penyebab, strategi, cara meminimalisir atau mengatasi konflik dan langkah-langkah dalam manajemen konflik.

– Bab XIII membahas konsep dasar, tujuan, prinsip, tantangan global dan kesiapan dalam menghadapinya serta langkah-langkah manajemen mutu terpadu.

Pembahasan tersebut hanya rangkuman saja, sebenarnya dalam buku ini sangat komplek pembahasan terkait manajemen pendidikan mulai dari konsep manajemen lembaga pendidikan sampai manajamen mutu terpadu.

Dalam pembahasan masing-masing BAB sebagian besar juga dijelaskan terkait langkah-langkah penerapannya bahkan ada mengenai strategi atau upaya dalam manajemen keuangan maupun manajemen konfliknya.

Tak hanya itu, dalam manajemen mutu terpadu juga terdapat .tantangan global dan kesiapan dalam menghadapinya. Dengan demikian, Penulis buku ini menjelaskan konsep-konsep tersebut dengan jelas dan memberikan contoh-contoh konkretnya untuk memberikan pemahaman yang lebih baik.

Buku ini juga membahas beberapa faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam komponen manajemen lembaga pendidikan, serta memberikan strategi dan langkah-langkah untuk menghadapi tantangan dalam mengelola lembaga pendidikan.

Salah satu yang menjadikan buku ini menarik untuk dibaca adalah penjelasan yang jelas dan terperinci mengenai setiap komponen manajemen. Setiap bab memberikan konsep dasar, tujuan, prinsip, langkah-langkah terkait pengelolaan komponen tersebut. Selain itu, buku ini juga memberikan penjelasan panduan praktis dalam penerapan manajemen lembaga pendidikan.

Strategi dan langkah-langkah yang disampaikan dalam buku ini sangat bermanfaat bagi para pembaca dalam menghadapi tantangan dan masalah yang sering terjadi dalam mengelola lembaga pendidikan.

Kelebihan dan Kekurangan Buku

a) Kelebihan:

 Buku ini strukturnya sudah jelas dan rinci sehingga mudah diikuti pembaca dan setiap bab disusun baik membuat pembaca mudah mencari informasi relevan.

 Bahasa dalam buku ini mudah dipahami dan ada kata istilah asing yang sudah ada penjelasannya serta ada contoh gambar seperti model penataan tempat duduk siswa.

 Buku ini tidak hanya membahas konsep teoritis namun juga penjelasan praktis tentang langkah-langkah penerapan dalam mengelola lembaga pendidikan.

 Sebagian besar dalam pembahasannya komprehensif dalam mencakup berbagai aspek penting manajemen lembaga pendidikan.

 Penggunakan referensinya relevan dan terpecaya dalam manajemen pendidikan.

b) Kekurangan:

 Beberapa bahasan mungkin terlalu singkat dan tidak mendalam, sehingga pembaca perlu mencari referensi tambahan untuk pemahaman.

 Salah satu gambar dalam buku ini kurang jelas seperti dalam penulisanya gayanya atau jenis huruf yang digunakan mungkin tidak sesuai serta kualitas gambarnya kurang bagus segingga pembaca sulit melihat detail dan memahaminya. (*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin