Berita Bekasi Nomor Satu

7 Ciri Seseorang Dewasa Emosional, Nomor 3 Tidak Mudah

Ilustrasi tanda dewasa.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Tanda dewasa seseorang tidak ditentukan secara usia atau umur. Sisi emosional turut menentukan kedewasaan seseorang.

Kedewasaan emosional merupakan kemampuan seseorang dalam mengelola emosi pada dirinya dalam kehidupan sehari-hari. Kedewasaan emosional sangat penting bagi kehidupan karena berpengaruh saat mengambil keputusan.

Menjadi dewasa secara emosional berarti kamu mampu mengalihkan fokus dari kebutuhan dan sudut pandang kamu sendiri, serta fokus pada realitas emosional orang lain.

BACA JUGA: 12 Ciri-Ciri Tanda Hamil Anak Laki-Laki atau Perempuan

Berikut 7 tanda dewasa emosional yang terdapat pada diri seseorang:

1. Berempati 

Tanda seseorang memiliki kedewasaan emosional adalah kemampuan memahami perasaan orang lain. Menjadi dewasa secara emosional berarti mampu mengalihkan fokus dan sudut pandang diri sendiri terhadap orang lain.

“Seseorang yang memiliki kedewasaan emosional mampu memiliki empati dan menunjukkan kasih sayang kepada orang lain,” kata Lisa Lawless, psikolog klinis di Holistic Wisdom, Inc.

2. Berpikir Terbuka

Tanda lain dari seseorang mempunyai kedewasaan terhadap emosional adalah selalu berpikiran terbuka, tidak kaku dalam berpikir. Tidak memaksakan kehendak diri sendiri, tapi juga bisa menilai pendapat dari sudut pandang dari orang lain.

BACA JUGA: Komitmen Tinggi, Implementasi ESG BRI Mengacu Standar Regulasi Domestik, Regional & Global

Mereka mampu mempertimbangkan ide-ide yang berbeda dari ide mereka sendiri, sehingga meningkatkan kemampuan mereka untuk berkompromi dengan orang lain.

3. Emosi Stabil

Ciri utama kematangan emosi adalah stabilitas emosi. Ini tidak berarti Anda selalu tenang dan tenang.

Orang dewasa yang matang secara emosional mengalami pasang surut, sama seperti orang lain. Perbedaannya terletak pada cara mereka menghadapi pasang surut tersebut.

BACA JUGA: 6 Ciri Pria Selingkuh Menurut Psikologi, Susah Dihubungi Salah Satunya

Saat dihadapkan pada situasi sulit, individu yang matang secara emosional tidak membiarkan emosinya mengambil alih kendali. Sebaliknya, mereka mengelola emosi secara efektif, berusaha mempertahankan perspektif yang seimbang.

4. Bertanggungjawab

Seseorang yang memiliki kedewasaan emosional selalu memikirkan akibat dari tindakan yang mereka lakukan.

Orang yang dewasa secara emosional mempertimbangkan bagaimana tindakan mereka akan berdampak pada orang lain dan akan mengambil tanggung jawab jika tindakan mereka menyebabkan kerugian.

BACA JUGA: 5 Ciri Orang Selingkuh Menurut Psikologi, Perhatian berkurang Contohnya

Jika melakukan kesalahan, seseorang yang memiliki kedewasaan emosional akan bertanggung jawab dengan tindakan mereka. Akan meminta maaf jika salah dan mengakui kesalahan mereka.

5. Bersedia Meminta Maaf

Membuat kesalahan adalah hal yang sangat manusiawi. Namun mengakui kesalahan atas suatu tindakan yang sudah terjadi adalah tanda seseorang dewasa secara emosional.

Meminta maaf dengan tulus atas tindakan yang sudah dilakukan adalah sebuah tindakan dimana seseorang bisa berpikir dan mengendalikan emosinya.

BACA JUGA: 6 Ciri Istri Selingkuh Menurut Psikologi, Meminta Gaya Baru di Ranjang Salah Satunya

Orang dewasa yang matang secara emosional dapat mengenali ketika mereka telah berbuat salah terhadap seseorang dan bertanggung jawab atas tindakannya. Mereka tidak segan-segan mengakui kesalahan mereka, namun melihatnya sebagai peluang untuk tumbuh dan berkembang.

Terlebih lagi, permintaan maaf mereka tulus. Mereka tidak sekedar mengucapkan kata ‘maafkan aku’ tapi juga berupaya memperbaiki kesalahannya dan menghindari mengulanginya di kemudian hari.

6. Bersyukur

Dalam kehidupan pasti ada kalanya kehidupan akan berada diatas dan dibawah. Ditengah kehidupan sesekali kita mengabaikan hal-hal baik yang kita miliki.

BACA JUGA: 6 Ciri Istri Selingkuh Menurut Psikologi, Meminta Gaya Baru di Ranjang Salah Satunya

Orang yang sudah dewasa secara emosional akan bersyukur dan menghargai apapun yang ada dalam kehidupannya.

Mereka memahami ada kalanya hidup mungkin terasa tidak baik, tetap pasti ada sesuatu yang baik untuk disyukuri.

Mereka tidak hanya berfokus pada apa yang hilang atau salah; sebaliknya, mereka secara sadar berupaya untuk menghargai apa yang mereka miliki dan mengungkapkan rasa syukur.

BACA JUGA: Ciri Masa Subur dan Tanda yang Bisa Dikenali

Rasa syukur ini tidak hanya membuat mereka lebih bahagia; hal ini juga membuat mereka lebih tangguh dalam menghadapi kesulitan.

7. Menyayangi Diri Sendiri

Inti dari kematangan emosi adalah mampu memahami diri sendiri. Memperlakukan diri sendiri secara baik terutama pada saat-saat sulit.

Orang dewasa yang matang secara emosional memahami bahwa menjadi tidak sempurna tidak masalah. Mereka tidak mencaci diri sendiri atas setiap kesalahan, melainkan belajar dari kesalahan tersebut dan melangkah maju.

BACA JUGA: 8 Kebiasaan Orangtua Bikin Rusak Psikologis Anak, Simak Penjelasannya

Rasa kasihan pada diri sendiri ini sangat penting. Hal inilah yang memungkinkan kita tumbuh dan berkembang tanpa terjebak dalam siklus kritik diri dan penyesalan. (jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin