Berita Bekasi Nomor Satu

Pengawas SMK di Bekasi Verifikasi Peralatan dan Ruangan Jelang UKK

ILUSTRASI: Dua siswa jurusan akuntansi SMKN 11 Kota Bekasi melaksanakan praktek lapangan di sekolah. Pengawas sekolah melakukan verifikasi Tempat Uji Kompetensi (TUK) dan peralatan menjelang Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) bagi siswa SMK. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI Pengawas sekolah melakukan verifikasi Tempat Uji Kompetensi (TUK) dan peralatan menjelang Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) bagi siswa SMK. Instrumen verifikasi yang dikeluarkan Direktorat SMK mencakup pemeriksaan peralatan utama, peralatan pendukung, penguji internal dan eksternal, serta ruangan.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMKN 8 Kota Bekasi, Hikmah Tuloh Sidik, menyatakan bahwa proses verifikasi oleh pengawas sekolah telah dilakukan.

“Untuk verifikasi sudah dilakukan oleh pengawas sekolah kami,” ujar Hikmah kepada Radar Bekasi, kemarin.

Verifikasi melibatkan pengecekan peralatan utama, peralatan pendukung, dan ruangan. Hasil verifikasi biasanya disampaikan pada hari yang sama, memberikan informasi apakah ada yang perlu dilengkapi atau sekolah sudah siap untuk melaksanakan UKK. Proses verifikasi dilakukan untuk memastikan pelaksanaan ujian berjalan lancar, dan segala peralatan yang dibutuhkan terpenuhi.

“Verifikasi dilakukan agar saat pelaksanaan ujian dapat dilakukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku,” terangnya.

Hal yang sama disampaikan Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMKN 15 Kota Bekasi, Dhani Irawan. Dikatakannya, bahwa proses verifikasi telah dilakukan.

“Untuk proses verifikasi sudah dilaksanakan oleh pengawas kami dari sekolah,” terangnya.

BACA JUGA: Pelaksanaan UPK SMK: Kesesuaian Waktu Menentukan Kelulusan

Selain peralatan, pengawas juga memeriksa bahan yang diperlukan dalam uji kompetensi berdasarkan paket soal yang dipilih. Pelaksanaan UKK dijadwalkan pada Maret 2024 dan sekolah harus memastikan kesiapan sesuai dengan hasil verifikasi.

“Kami harus memastikan semua perlengkapan sudah siap dan dari proses verifikasi ini bisa diketahui apakah masih ada kekurangan atau tidak,” ucap Dhani.

Diakuinya, dalam proses verifikasi ada saja kekurangan yang harus segera dilengkapi, seperti alat dan bahan ujian. Jika didapati kekurangan, maka sekolah akan diberikan waktu untuk melengkapi.

“Jika ada kekurangan alat dan bahan ujian, biasanya kami diberikan waktu untuk melengkapi,” tandasnya. (dew)

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin