Berita Bekasi Nomor Satu

Tips Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Puasa

Kepala UPTD Puskesmas Duren Jaya Kota Bekasi, drg. Ria Joesriati

RADARBEKASI.ID, BEKASI –  Selama menjalankan ibadah puasa, tidak jarang orang mengalami keluhan terkait kesehatan gigi dan mulut, mulai dari bau mulut hingga sariawan. Dokter gigi, drg. Ria Joesriati, yang juga menjabat sebagai Kepala UPTD Puskesmas Duren Jaya Kota Bekasi, memberikan tips agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga selama puasa.

Pertama, disarankan untuk tetap menyikat gigi dua kali sehari, yaitu setelah sahur dan sebelum tidur malam. “Rutin menyikat gigi dapat menjaga kesehatan gigi serta mulut saat berpuasa dan merupakan cara efektif mencegah bau mulut karena dapat menghilangkan plak, mencegah sariawan, serta menghilangkan bakteri penyebab bau mulut,” jelasnya kepada Radar Bekasi, Senin (18/3/2024).

Selain menyikat gigi, penting juga membersihkan rongga mulut dengan seksama, termasuk menyikat lidah dan menggunakan obat kumur jika diperlukan. Menyikat lidah membantu menghilangkan sisa makanan dan menghindari bau mulut, sedangkan obat kumur memberikan kesegaran nafas yang tahan lama.

Tak hanya itu, perbanyak konsumsi sayur dan buah serta atur diet sehat seimbang. Sayur dan buah mengandung vitamin yang membantu mencegah masalah gigi dan mulut seperti sariawan dan mulut kering. Konsumsi buah juga membantu tubuh mendapatkan asupan air, menghindari mulut kering saat berpuasa.

BACA JUGA: Puasa Ramadan Mengurangi Kebiasaan Merokok

“Dengan mengkonsumsi buah tubuh akan mendapatkan asupan air yang mencegah mulut kering saat berpuasa,” ucapnya.

Hindari makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi, karena gula yang menempel pada gigi dapat menyebabkan penumpukan plak dan pembentukan karang gigi serta lubang gigi jika pembersihannya tidak baik.

Tambahkan minum air putih dalam rutinitas harian, dengan memenuhi kebutuhan air sebanyak dua liter atau delapan gelas per hari. Minum air putih secara rutin membantu mencegah dehidrasi dan mengurangi risiko mulut kering saat berpuasa.

Minum air putih sebanyak delapan gelas per hari bermanfaat untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi sehingga mengurangi resiko mulut kering saat berpuasa,” pungkasnya. (dew)

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin