Berita Bekasi Nomor Satu

Sering Insomnia? Coba Cara Ini Agar Lebih Mudah Tidur

Ilustrasi tidur. Foto yesdok.com

RADARBEKASI.ID, BEKASI– Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk bisa tertidur. Salah satu kebiasaan yang bisa dilakukan adalah mendengarkan suara-suara tertentu untuk meningkatkan rasa kantuk.

Hannah Snore, seorang pakar tidur melakukan jajak pendapat untuk mengetahui suara apa saja yang membantu mereka terlelap. Hannah mengklaim bahwa suara gelombang laut, suara perapian dan juga suara kipas angin dari kejauhan merupakan suara favorit untuk membantu orang terlelap.

Dilansir Jawapos.com, hal tersebut diketahui setelah dilakukan jajak pendapat kepada 2.000 orang dewasa. Mereka lebih suka mendengarkan suara white noise untuk bisa tertidur. white noise merupakan gabungan dari berbagai suara mendengung atau mendesis dengan cara yang konsisten. Seperti contohnya, suara gemericik air atau hujan.

BACA JUGA:Catat 6 Efek Buruk Tubuh Kebanyakan Tidur Saat Berpuasa

Jajak pendapat tersebut juga mengungkapkan bahwa 26 persen orang mendengarkan musik saat tidur malam, suara hujan 40 persen, serta suara kipas angin 24 persen. Selain suara, menonton sesuatu yang menyenangkan juga merupakan proses untuk tertidur.

Menurut Hannah, setiap individu mempunyai pilihan suara yang berbeda-beda tergantung respon alam sadar. Jadi sangat mungkin terjadi orang yang suka mendengar suara hujan menjadi tertidur. Selain itu, tetesan air yang mengalir dari kran air atau shower juga menjadi suara yang dipilih orang sebagai pengantar tidur.

Seperti yang dilansir Independent, suara keheningan dalam ruang hampa merupakan suara yang paling tidak nyaman untuk didengarkan. Menurut Shore, ada beberapa orang yang memang menyukai tidur tanpa mendengarkan suara apapun. Namun, bagi mereka yang suka dengan white noise, keheningan akan membuat suara seperti obrolan kecil di lorong hotel atau pintu tertutup menjadi terdengar dan mengganggu.

BACA JUGA:Habis Sahur Jangan Langsung Tidur

Sebenarnya yang dicari dari white noise adalah mereka membutuhkan konsentrasi untuk mendengar suara. Seperti, suara ritme musik yang lambat, suara ombak di pantai atau suara dari televisi. Hal itu bertujuan untuk membuat pikiran yang lelah menjadi beralih ke suara tersebut dan akhirnya tertidur.

Dilansir dari Independent, berdasarkan hasil jajak pendapat terdapat 15 suara pengantar tidur yang menjadi favorit orang-orang. Suara hujan menjadi yang pertama sebagai favorit diikuti mendengarkan musik, suara laut, suara kipas angin, suara tv, suara angin. Mendengarkan podcast dan audio book, suara hutan, suara perapian, suara statis, suara suasana kota, suara binatang, suara kucing mendengkur dan suara penyedot debu. (ce1)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin