Berita Bekasi Nomor Satu

Tiongkok Kalahkan Indonesia, Erick Thohir Evaluasi Shin Tae Yong

Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat bertemu dengan para pemain Timnas Indonesia. Dia berpesan agar Garuda bisa dapat poin di Bahrain dan Qatar. (Instagram Erick Thohir)

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, angkat bicara terkait kekalahan perdana Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia saat Indonesia dikalahkan Tiongkok, Selasa (15/10/2024).

Erick berjanji akan segera melakukan evaluasi menyeluruh atas hasil negatif tersebut, menyusul kekalahan dari tuan rumah Tiongkok.

Dalam pertandingan yang digelar di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024) malam, Indonesia harus mengakui keunggulan Tiongkok dengan skor tipis 2-1. Kekalahan ini terasa sangat mengecewakan karena Timnas Indonesia, yang diasuh oleh Shin Tae-yong, sebenarnya mendominasi jalannya pertandingan.

BACA JUGA: Suporter Waswas Wasit Al Ali Pimpin Laga Tiongkok vs Indonesia

Timnas Garuda memegang kendali permainan dengan penguasaan bola yang mencapai 76%, berbanding terbalik dengan Tiongkok dengan 24%.

Timnas Indonesia juga mencatatkan 14 tembakan ke gawang, dengan enam di antaranya mengarah ke gawang, salah satunya berbuah gol dari Thom Haye pada menit ke-86.

Sebaliknya, Tiongkok hanya mampu melepaskan lima tembakan sepanjang pertandingan, namun efisiensi mereka luar biasa dengan tiga tembakan tepat sasaran dan dua berujung gol, dicetak oleh Behram Abduweli (21′) dan Zhang Yuning (44′).

BACA JUGA: Tiongkok vs Indonesia, Misi Raup 3 Poin di Kandang Naga

Hasil ini memutus tren positif Timnas Indonesia yang tidak pernah terkalahkan sebelumnya dengan berhasil meraih tiga hasil imbang melawan Arab Saudi, Australia, dan Bahrain.

Erick Thohir memastikan, evaluasi akan segera dilakukan demi memperbaiki performa tim, serta memastikan langkah Garuda tetap terjaga dalam perjuangan menuju Piala Dunia 2026.

“Sepulang mereka dari Tiongkok saya akan mengadakan evaluasi,” ujar Erick pemilik klub Inggris, Oxford United FC dilansir dari JawaPos.

BACA JUGA: Peringkat FIFA Indonesia Berpeluang Geser India, Jika Menang Lawan Tiongkok

Sementara itu kekalahan Timnas Indonesia dari Tiongkok tidak hanya menghentikan rekor tak terkalahkan Timnas Indonesia, tetapi juga menggagalkan tujuan penting PSSI untuk mendulang poin pada laga tandang bulan Oktober.

PSSI sebelumnya menargetkan untuk mendapatkan empat poin dari periode Oktober dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tambahan poin ini dianggap sangat penting untuk menjaga peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia tetap terjaga.

“Kita harus terus mendukung Timnas Indonesia di kala menang maupun kalah,” ucap Erick Thohir dikutip dari akun Instagramnya, tentang hasil kekalahan hasil melawan Tiongkok. (cr1)