Berita Bekasi Nomor Satu

Indonesia Dikalahkan Tiongkok, Shin Tae Yong Alasan Begini

Foto Shin Tae Yong sedang mengawasi jalannya latihan Timnas Indonesia. Foto akun Instagram Shin Tae Yong.

RADARBEKASI.ID, BEKASI Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia, menyayangkan dua gol yang tercipta ke gawang Maarten Paes, yang membuat Tiongkok menang.

Pelatih asal Korea Selatan ini mengklaim kebobolan disebabkan  para pemainnya kehilangan fokus, sehingga membuat Garuda gagal mempertahankan konsentrasi saat laga krusial.

Timnas Indonesia sendiri gagal mempersembahkan kemenangan pertamanya kala bertamu ke markas Tiongkok dalam lanjutan babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

BACA JUGA: Tiongkok Kalahkan Indonesia, Erick Thohir Evaluasi Shin Tae Yong

Timnas Garuda harus menerima kekalahan tipis 2-1 pada Selasa (16/10/2024) di Qingdao Youth Football Stadium. Menguasai jalannya pertandingan dan melakukan skema penyerangan dari menit awal tidak dapat membuat anak asuh Shin Tae Yong merebut kemenangan di laga tandang ini.

“Dalam pertandingan ini, Tiongkok mencetak dua gol. Indonesia mengalami beberapa penurunan konsentrasi,” ujar Shin Tae-yong usai laga dilansir dari JawaPos.

Gol pembuka Tiongkok lahir dari kesalahan kurang fokusnya pemain bertahan Indonesia Shayne Pattynama untuk membuang bola, tetapi berhasil dicuri pemain Tiongkok, sehingga dapat dikonversikan menjadi gol pembuka oleh Behram Abduweli dimenit ke-21 untuk keunggulan 1-0 Tim Naga.

BACA JUGA: Suporter Waswas Wasit Al Ali Pimpin Laga Tiongkok vs Indonesia

Selanjutnya gol kedua lahir dari kesalahan passing pemain Indonesia sehingga berhasil direbut pemain Tiongkok lalu memberikan ke stiker tajam mereka Zhang Yuning yang berdiri bebas dan tidak menyianyiakan momen tersebut untuk menambah keunggulan Timnas Tiongkok pada menit ke-44.

“Gol pertama Tiongkok terjadi karena masalah kurang fokus, dan gol kedua terjadi karena Indonesia membuat beberapa kesalahan dalam penguasaan bola, kehilangan kendali,” ucap Shin Tae Yong.
“Ini adalah masalah yang harus kita renungkan,” tambah eks pelatih Timnas Korea Selatan ini.

Sementara itu melalui hasil ini Timnas Indonesia harus puas duduk di posisi ke-5 klasemen sementara grup C dengan torehan 3 poin dari 4 laga yang sudah dijalani, kemudian Timnas Indonesia akan kembali bertanding di Stadion SUGBK pada 15 November untuk melawan raksasa Asia, Jepang dan melawan Arab Saudi pada 19 November. (cr1)