Berita Bekasi Nomor Satu

Laba Bersih BCA Tumbuh 12,8%, Pertumbuhan Kredit Solid di Seluruh Segmen

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja dalam konferensi pers pemaparan kinerja Kuartal III 2024, Rabu, 23 Oktober 2024. (Foto: tangkapan layar)

RADARBEKASI.ID, BEKASI – PT Bank Central Asia Tbk (IDX: BBCA) dan entitas anak membukukan peningkatan total kredit sebesar 14,5% secara tahunan (YoY) menjadi Rp877 triliun per September 2024. Laba bersih BCA dan entitas anak tumbuh 12,8% YoY menjadi Rp41,1 triliun pada sembilan bulan pertama tahun 2024, ditopang ekspansi pembiayaan berkualitas serta peningkatan volume transaksi dan pendanaan.

“Peningkatan kredit hingga September 2024 merefleksikan komitmen BCA dalam mendukung pertumbuhan perekonomian nasional. Kami juga melihat permintaan kredit konsumer yang baik, tercermin dari pelaksanaan BCA Expoversary 2024 dan BCA Expo 2024 yang mampu mengumpulkan total aplikasi KPR dan KKB lebih dari Rp78 triliun. Pada event lain, kami menggelar BCA UMKM Fest 2024 diikuti lebih dari 1.700 tenant pengusaha produk lokal sebagai bagian BCA Bangga Lokal dan UMKM binaan Bakti BCA, yang menawarkan beraneka produk seperti makanan, minuman, fesyen, serta berbagai kebutuhan made in Indonesia. Sementara itu, BCA Wealth Summit 2024 mencatatkan lebih dari 2 juta pengunjung, baik secara online maupun offline,” kata Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja.

BACA JUGA: BCA Gandeng Bahana TCW Hadirkan Reksa Dana BIPA35

Penyaluran pembiayaan per September 2024 ditopang kredit korporasi yang menjadi segmen dengan pertumbuhan tertinggi, naik 15,9% YoY mencapai Rp395,9 triliun. Kredit komersial naik 11,8% YoY menjadi Rp135,3 triliun, dan kredit UKM tumbuh 14,2% YoY hingga Rp120,1 triliun. Total portofolio kredit konsumer naik 13,1% YoY menjadi Rp216,5 triliun, didorong KPR yang tumbuh 10,7% YoY mencapai Rp130,4 triliun serta KKB sebesar 17,9% YoY menjadi Rp64,1 triliun. Outstanding pinjaman konsumer lainnya (mayoritas kartu kredit) naik 15,0% YoY mencapai Rp21,9 triliun.

Penyaluran kredit ke sektor-sektor berkelanjutan tumbuh 10,7% YoY menyentuh Rp214 triliun per September 2024, berkontribusi hingga 24,3% dari total portofolio pembiayaan. Komitmen BCA untuk senantiasa mengimplementasikan nilai-nilai Environmental, Social, and Governance (ESG). Hal ini juga dikonfirmasi oleh gedung Wisma BCA Foresta yang memperoleh sertifikat Green Mark Super Low Energy Building dari Building and Construction Authority Singapura, menjadi yang pertama di Indonesia. Sertifikat itu diraih karena Wisma BCA Foresta dinilai berhasil menerapkan efisiensi sangat tinggi pada operasional gedung.

Pertumbuhan kredit yang solid diikuti dengan terjaganya kualitas pembiayaan perseroan. Rasio loan at risk (LAR) mencapai 6,1% per September 2024, membaik dari posisi setahun lalu di angka 7,9% dan rasio kredit bermasalah (NPL) berada di tingkat yang terjaga 2,1%. Pencadangan NPL dan LAR pada tingkat yang memadai, masing-masing 193,9% dan 73,5%.

Di sisi pendanaan, total dana pihak ketiga (DPK) naik 3,4% YoY menyentuh Rp1.125 triliun. Dana giro dan tabungan (CASA) berkontribusi sekitar 82% dari total DPK, tumbuh 5,2% mencapai Rp915 triliun. Terjaganya pertumbuhan CASA selaras dengan peningkatan total frekuensi transaksi BCA sebesar 21% YoY mencapai 26 miliar pada sembilan bulan pertama tahun 2024.

BACA JUGA: 5 Desa Bakti BCA Pikat Industri Pariwisata Mancanegara di Wonderful Indonesia Travel Fair 2024

Frekuensi transaksi mobile banking dan internet banking mencapai 23 miliar, naik 24% YoY. Jumlah nasabah yang menggunakan BCA Mobile mencapai lebih dari 31 juta. Sementara itu, pengguna myBCA tumbuh 8 kali dalam 2 tahun terakhir menjadi lebih dari 6 juta.

“Optimalisasi myBCA terus berjalan secara konsisten melalui perluasan kerja sama serta penambahan berbagai fitur yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Salah satu fitur baru myBCA adalah ‘Proteksi’ yang memungkinkan nasabah membeli asuransi secara mudah dan praktis. BCA juga memperluas kerja sama penjualan e-SIM dari mitra perusahaan jasa telekomunikasi, dan membuka akses bagi nasabah untuk memperbarui profil risiko investasi melalui fitur ‘Welma’ di aplikasi tersebut,” kata Jahja Setiaatmadja.

Inovasi lainnya dari BCA yaitu diluncurkannya fitur Multi Settlement untuk transaksi QRIS, yang memungkinkan merchant mencairkan dana dari transaksi QRIS statis dan dinamis hingga 4 kali sehari. Fitur ini berlaku bagi seluruh merchant perseorangan dengan kriteria Usaha Mikro (UMi). BCA juga telah melakukan undian penerima hadiah program Gebyar Hadiah BCA tahap pertama secara terbuka pada 23 September 2024. Pengumpulan poin Gebyar Hadiah BCA tahap kedua dapat dilakukan mulai 1 Oktober 2024 hingga 31 Januari 2025.

Dari sisi pendapatan bunga bersih (net interest income/NII), BCA mencatat pertumbuhan sebesar 9,5% YoY mencapai Rp61,1 triliun pada sembilan bulan pertama tahun 2024. Pendapatan selain bunga naik 13,5% YoY menjadi Rp19,0 triliun, ditopang kenaikan pendapatan fee dan komisi sebesar 7,0% YoY. Total pendapatan operasional mencapai Rp80,1 triliun, naik 10,4% YoY.

BACA JUGA: Bangun Generasi Cerdas, BCA Berikan Pelatihan Metode GASING untuk 96 Guru-Siswa

Memperingati HUT ke-79 kemerdekaan Indonesia, Bakti BCA menggelar acara “Gebyar BCA Merah Putih: Indonesia Banget!” diikuti puluhan mitra UMKM melalui pasar rakyat, menampilkan pagelaran budaya musikal yang turut melibatkan para pelajar dari Sekolah dan sanggar Bakti BCA, serta dihadiri lebih dari 10.000 pengunjung di Kompleks Candi Prambanan. Bakti BCA telah meresmikan 4 sekolah binaan baru, termasuk menjangkau wilayah timur Indonesia seperti SDN 35 Kota Sorong, SDI Nunumeu Kota Soe, dan SMAN 3 Penajam Paser Utara. Dukungan juga diberikan Bakti BCA pada pembuatan ruang inkubasi telur penyu terbesar tanpa media pasir di Banyuwangi, yang mampu menampung 15.000 telur. Bakti BCA kembali menggelar workshop UMKM Indonesia Go Export 2024 di sejumlah kota. Program yang dilaksanakan sejak 2023 ini telah sukses mendampingi 4 UMKM melakukan ekspor perdana. Bakti BCA juga memberikan sertifikat halal gratis dengan target 2.000 UMKM nasional bekerja sama dengan pemerintah, para ahli, serta praktisi. Kemudian, Bakti BCA telah menyelesaikan pembinaan dan perluasan akses pasar bagi wastra warna alam penenun dari Sumba Timur, menjadi wilayah binaan ketiga setelah Timor Tengah Selatan dan Baduy. (bps/*)