Pendidikan

Warga Bantargebang Siap Terima Beasiswa

Beasiswa
ILUSTRASI: Sejumlah siswa SD melintas di depan gunungan sampah TPST Bantargebang, Kota Bekasi. Warga Bantargebang siap menerima program beasiswa pendidikan.Raiza Septianto Radar Bekasi

Radarbekasi.id – Warga Bantargebang siap menerima program beasiswa pendidikan. Dinas Pendidikan Kota Bekasi akan menyalurkannya pada tahun ini.

Kepala Bidang Perencanaan dan Program Dinas Pendidikan Kota Bekasi Krisman Irwandi menjelaskan, anggaran yang disiapkan untuk program beasiswa senilai Rp 2.010.000.000. Anggaran tersebut merupakan dana bantuan pendidikan dari Provinsi DKI Jakarta kepada Kota Bekasi sebagai kompensasi bau sampah bagi warga Bantargebang.

”Ini sumber bantuannya dari DKI Jakarta. Jadi bantuan ini hanya diberikan kepada masyarakat di wilayah Bantargebang saja, karena wilayah tersebut yang sangat terdampak oleh sampah,” ujar Krisman, kepada Radar Bekasi.

Demikian dikatakan Krisman saat ditemui usai rapat persiapan program beasiswa di ruang rapat Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Kamis (30/1). Berdasarkan data yang dihimpun, program beasiswa akan disalurkan kepada total 895 orang warga yang sedang menempuh pendidikan jenjang PAUD hingga Perguruan Tinggi.
Rinciannya, untuk jenjang PAUD sebanyak 250 siswa, SD sebanyak 400 siswa, SMP sebanyak 100 siswa, SMA/SMK sebanyak 100 siswa, dan Perguruan Tinggi sebanyak 45 mahasiswa.

Program beasiswa yang diberikan berupa dana pendidikan ini akan salurkan per semester kepada setiap penerima. Adapun besaran bantuan masing-masing berbeda.

Untuk jenjang PAUD sebesar Rp 100 ribu, SD sebesar Rp 150 ribu, SMP sebesar Rp 200 ribu, SMA/SMK sebesar Rp 250 ribu, dan mahasiswa sebesar Rp 5 juta.
”Kita akan menyalurkan langsung kepada siswa dan mahasiswa yang berada di Kecamatan Bantargebang,” tegasnya.

Namun demikian, Krisman belum dapat menjelaskan lebih jauh mengenai waktu pendaftaran termasuk syarat penerima program beasiswa tersebut. Pasalnya, Disdik Kota Bekasi akan terlebih dahulu membentuk kepanitiaan.

”Kita masih rapat persiapan program, jadi nanti kita buat panitianya dahulu. Kemudian jika sudah dibentuk kepanitian, maka kami akan tentukan kapan pendaftaran dibuka dan apa saja persyaratan penerima beasiswa. Kita akan umumkan jika kepanitian sudah terbentuk,” pungkasnya. (dew)

Related Articles

Back to top button