Pendidikan

Tingkat Mutu dan Kualitas SMK

kerjasama
KERJASAMA: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat melakukan penandatanganan MoU Road Map dan Strategic Program CSR Hub Terkait Revitalisasi SMK di Ruang Rapat Biru Gedung Pakuan, Kota Bandung, belum lama ini.Istimewa

Radarbekasi.id – Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Road Map dan Strategic Program CSR Hub Terkait Revitalisasi SMK di Ruang Rapat Biru Gedung Pakuan, Kota Bandung, belum lama ini.

Dalam rapat tersebut, Disdik Jabar menghadirkan berbagai mitra industri dan SMK di Jawa Barat untuk memberikan masukan mengenai kemajuan di bidang vokasional.

Kadisdik Jabar Dewi Sartika mengatakan, langkah ini dilakukan guna meningkatkan mutu dan kualitas SMK serta bisa menghasilkan lulusan siap kerja di industri dan mampu berwirausaha.

”Disdik tengah bekerja keras meningkatkan mutu SMK dan menghapus cap/label SMK sebagai penyumbang pengangguran terbesar. Maka dari itu, kami lakukan pembaruan dan pengembangan sesuai perkembangan zaman,” tutur Kadisdik.

Setiap industri yang dilibatkan, lanjutnya, tentu berperan dalam keberlangsungan pembangunan sistem vokasi. Mulai dari peningkatan kompetensi guru, sarana dan prasarana serta keselarasan kemampuan siswa dengan kebutuhan industri.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan, Jawa Barat sudah seharusnya mengembangkan dunia manufaktur industri dan pariwisata. Tentu, dalam pengembangannya membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

”Melalui SMK, kita bisa memberikan pelatihan serta pengetahuan dengan bekerja sama antara industri dan sekolah,” ujarnya.

Untuk itu, sambung Gubernur, diperlukan percepatan pembangunan SDM dalam memperbaiki kualifikasi tenaga kerja agar menjadi tenaga kerja yang terlatih dan terampil sehingga semua terserap ke dunia industri.

”Peningkatan SDM yang profesional dan kompeten, sarana dan prasarana yang mamadai turut mendukung kesuksesan revitalisasi SMK,” tegasnya. (oke/tim)

Related Articles

Back to top button