Berita UtamaPolitik

Wapres Dinilai Kurang Diberikan Kewenangan

Radarbekasi.id – Sejumlah partai politik tingkat daerah angkat bicara mengenai hasil survai indo barometer yang menyatakan bahwa tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin hanya di bawah 50 persen.

Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bekasi, Mohamad Nuh beranggapan hal itu dikarenakan wapres kurang diberikan kewenangan. ”Kemungkinan tidak dikasih ruang atau kewenangan sejauh ini. Karena biasanya antara presiden dan wakil presiden tidak harmonis dalam hal pembagian peran, biasanya,” ujarnya saat dihubungi Radar Bekasi, Selasa (18/2).

Menurutnya, wapres dapat diberikan kewenangan untuk mengurusi ruang lingkup keagamaan atau mengenai peningkatan kesejahteraan.

”Saya yakin misalkan berbagi peran akan nampak harmonis dan berprestasi. Kalau misalkan wakil presidennya tidak diberikan kewenangan kan susah, bagaimana mau berprestasi” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Kabupaten Bekasi, Nugraha Hamdan menilai bahwa faktor usia menghambat kinerja wapres sejauh ini. ”Mungkin karena faktor usia, jadi jangan samain dengan yang muda. Kemarin juga beberapa kali beliau sakit, kakinya terkilir di kamar mandi dan segala macam. Kalau saya melihatnya ke arah faktor usia,” ujarnya.

Dirinya meminta agar fungsi dan peran wapres dapat terlihat maksimal. Dia menyarankan agar wapres bisa ditempatkan di bidang ekonomi Syariah agar Indonesia tidak tergantung kepada sistem ekonomi kapitalis.

”Coba dikasih ruang di wilayah itu, beliau pasti akan memberikan nasehat-nasehat yang cukup bermanfaat,” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi, Usup Supriatna menilai, mengenai survei dari indro barometer tersebut sebenarnya hal yang wajar. ”Tapi kalau misalkan surveinya di atas presiden akan menjadi pertanyaan publik,” tuturnya.

Dirinya beranggapan, sejauh ini kinerja dari wapres memang kurang diekspos. Padahal banyak kinerja maupun koordinasi yang sudah dilakukan wapres dengan kementerian terkait radikalisme, UMKM dan beberapa hal lainnya.

”Kalau kinerja. Menurut saya sebagai partai pendukung pemerintah, kinerja Pak Ma’ruf Amin kurang diekspos saja. Saya melihat wapres sudah bekerja sesuai tupoksinya. Cuma itu dikembalikan lagi ke pendapat dan analisa masing-masing,” bebernya.(pra)

Related Articles

Back to top button