Metropolis

Disnaker: Maksimalkan Program Kartu Prakerja

KADISNAKER KOTA BEKASI_IKA INDAH YARTI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bekasi, Ika Indah Yarti meminta masyarakat yang memenuhi kriteria dapat memaksimalkan program Kartu Prakerja yang pendaftarannya sudah dimulai April 2020 ini.

Proses pendaftaran dibuka selama 24 jam mulai Senin hingga Kamis. Pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dapat memanfaatkan program dari pemerintah pusat tersebut.

Pasalnya kartu Prakerja memang diperuntukkan bagi korban PHK, pencari kerja baru dan para pengusaha UMKM serta koperasi yang terdampak Covid-19.

“Prosesnya mereka harus mendaftar dan mereka tidak boleh double, karena kalau PHK mereka harus tetap bekerja bukan hanya sekadar bantuan sosial (Bansos),” terangnya.

Pendaftaran pra kerja dijelasknnya  sudah di buka sesuai dengan syarat yang ditentukan oleh pemerintah pusat. Pendaftaran gelombang pertama sudah dibuka pada 11 April selama tujuh hari. Gelombang kedua, 20 hingga 23 April dan gelombang ketiga dari tanggal 27 hingga 30 April.

“Pendaftaran pun dilakukan selama 24 jam dari hari Senin sampai hari Kamis, hasil seleksi pun akan langsung dikabarkan oleh pusat ke pendaftar,” jelasnya.

Sejauh ini pihaknya belum menerima data dari pemerintah pusat terkait jumlah pendaftar terutama dari Kota Bekasi. “Yang saya tahu se Jawa Barat belum mendapatkan hasilnya,” ujarnya.

Pihaknya berharap, kapada para pekerja yang terkena PHK, pencari pekerja baru dan UMKM serta Koperasi untuk memaksimalkan kesempatan tersebut dengan mendaftarkan diri melalui website resmi Prakerja.co.id

“Jika sudah terdaftar dan diseleksi barulah dari pusat akan memberikan berapa yang berhasil diseleksi kepada masing-masing kota dan kabupaten se Indonesia,” tukasnya. (adv/pay)

Related Articles

Back to top button