Berita Bekasi Nomor Satu

Awal Juni Aktivitas ASN Normal

Ilustrasi PNS lingkungan Pemkot Bekasi. Foto Raiza Septianto/radarbekasi.id
ILUSTRASI: Petugas medis ketika melakukan rapid test drive thru Covid-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, belum lama ini. Pendatang yang masuk ke Kota Bekasi pasca Hari Raya Idul Fitri bakal jalani rapid test. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi saat ini tengah bersiap menerapkan kebijakan new normal. Sejumlah pegawai termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) perlahan menuju aktivitas normal dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Penerapan tatanan kehidupan baru ini dilakukan agar seluruh masyarakat tetap produktif di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Pemkot Bekasi, Karto mengatakan, sebelumnya ASN sempat diberlakukan kebijakan work from home (WFH).

Namun dijelaskannya kebijakan tersebut masih bisa diterapkan bagi ASN diatas 50 tahun atau ASN yang memiliki riwayat penyakit.

“Yang nantinya kita bolehkan bekerja di rumah bukan berarti yang umurnya 50 tahun, akan tetapi yang memiliki riwayat penyakit, yang umurnya 30 tahun juga bisa bekerja di rumah,” katanya, kepada Radar Bekasi Rabu (27/5).

Sejauh ini kata dia, sejumlah ASN masih fokus penanganan Covid-19 melakukan pengawasan selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Dari saat PSBB jam kerja ini tetap diberlakukan meski WFH, bahkan kalau pun memang pekerjaan dari pegawai itu mewajibkan ke kantor ya mereka harus datang,” jelasnya.

Karto menegaskan, dalam penerapan new normal di Kota Bekasi ini pihaknya memastikan seluruh PNS dan ASN di tiap intansi dan SKPD, khususnya di bidang pelayanan akan kembali bekerja aktif. Namun, untuk teknis atau aturannya masih menunggu terbitnya Peraturan Wali Kota (Perwal).

“Yang jelas dasar kebijakan ini tergantung pimpinan (Wali Kota), jadi kami hingga kini masih tunggu diterbitkannya Perwal tersebut baru bisa menyusun aturan dan kebijakannya seperti apa,” tutupnya.

Terpisah, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menegaskan, tahapan penerapan new normal akan diberlakukan awal Juni 2020.

Pekan pertama Juni, ASN Pemkot Bekasi mulai bekerja di kantor, karena saat ini sejumlah pegawai masih menjadi relawan.

“Minggu depan kita sudah memulai di kantor, seperti DPMPTSP perizinan sudah mulai buka, Bapenda sudah mulai buka, kecamatan dan catatan sipil juga sudah mulai buka sedikit-sedikit kita tarik,” tukasnya. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin