Berita Bekasi Nomor Satu

Ingin Buka Peternakan Ayam Petelur

Naufal Vidie
Naufal Vidie
Naufal Vidie
Naufal Vidie

Radarbekasi.id – Menempuh pendidikan sarjana pada jurusan peternakan bukanlah hal yang pernah terpikirkan oleh Vidie (21) sebelumnya. “Awalnya saya tidak punya rencana buat kuliah di jurusan peternakan, tadinya mau ambil jurusan teknik industri pertania,” ungkap remaja bernama lengkap Naufal Vidie ini kepada Radar Bekasi, Senin (17/8).

Niat diri tidak ingin melewatkan kesempatan untuk diterima Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lewat jalur Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) tahun 2017-lah yang membuat dirinya sekarang berkuliah di program studi Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan (Fapet), Universitas Padjadjaran.

“Setelah mempertimbangkan nilai rapor saya ketika itu dan peluang masuk ke beberapa jurusan. Akhirnya saya daftar SNMPTN ke jurusan ilmu peternakan Unpad dan bersyukur bisa diterima,” katanya.
Mahasiswa tingkat akhir ini menjelaskan apa saja yang sudah dirinya pelajari selama tiga tahun kebelakang. “Setahun pertama itu belajarnya masih yang umum kayak Biologi, Matematika, Fisika, dll.

Di tahun kedua dan ketiga itu mulai belajar yang spesifik jurusan peternakannya, jadi ada mata kuliah bahan pakan dan ransum, reproduksi ternak, ekonomi peternakan, teknologi hasil ternak, dan mata kuliah lain yang berhubungan sama peternakan,” jelasnya.

Ia mengaku dirinya menyukai mata kuliah reproduksi ternak. Sebab pada mata kuliah tersebut selain belajar teori di kelas dirinya juga praktek dengan memperhatikan kondisi ternak secara langsung di kandang.

“Menurut saya yang seru itu waktu belajar reproduksi ternak, karena selain teori di kelas saya juga ke kandang untuk melihat bagaimana kondisi ternak ketika sedang birahi dan bagaimana cara penanganannya. Pada mata kuliah ini saya juga belajar inseminasi buatan yang sangat bermanfaat untuk seleksi ternak buat menemukan ternak yang unggul untuk dikawinkan lagi,” ungkapnya.

Dalam menerima pelajaran Vidie mengatakan selama ini tidak terlalu menemukan kesulitan yang berarti. Tapi menurutnya yang berat kuliah di jurusan peternakan adalah ketika harus membuat laporan praktik yang cukup banyak.

Vidie yang merupakan lulusan SMAN 8 Kota Bekasi ini memiliki rencana untuk membuka usaha peternakan ayam petelur ketika sudah menyelesaikan pendidikan sarjananya tersebut. “Rencananya sih kalo udah lulus kuliah saya mau kerja dulu buat mengumpulkan modal usaha peternakan ayam petelur,” pungkasnya. (mg1)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin