Cikarang

PT PSN dan PSI Bangun Sumur untuk Warga

ISI EMBER: Manager Strategic Planning and Change Management, Ardi Susetyo Wibowo, perwakilan dari PT Pasifik Satelit Nusantara, sedang mengisi air ke dalam ember di Desa Sukatenang, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi. IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Warga Desa Sukatenang, Kecamatan Sukawangi sejak tahun 1980 kesulitan air bersih karena dilakukan penyodetan Kali Bekasi untuk membuat Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL).

Sebelum dilakukan penyodetan, air cukup berlimpah di Desa Sukatenang. Setelah itu, sawah warga tidak bisa digarap lagi, sebab sudah menjadi rawa-rawa. Kekeringan dan kesulitan air pun menjadi problem warga hingga saat ini.

Ketua RT Setempat, Misun, menceritakan kondisi kampungnya yang selama ini kesulitan air bersih. Menurutnya, sumur warga selama ini sudah kering, sehingga air yang menguning karena tercampur lumpur, terpaksa digunakan warga untuk mandi hingga mencuci. “Warga kami sangat kesulitan air bersih, apalagi saat musim kemarau. Tidak hanya untuk bertani, buat mandi dan wudhu saja susah,” kata Misun.

Lanjutnya, selama ini untuk mendapatkan air bersih warga harus mencari ke desa sebelah dengan membeli minimal lima jerigen sehari dengan harga Rp15.000. “Artinya, minimal kami harus mengeluarkan uang Rp450 ribu per bulan hanya untuk beli air. Ini sudah terjadi sejak tahun 1980 hingga sekarang,” tutur Misun.

Setelah 40 tahun kekurangan air bersih, kini apa yang menjadi mimpi warga Desa Sukatenang terwujud setelah Pondok Sedekah Indonesia (PSI) bersama dengan CSR PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) membuat sumur air bersih untuk warga.

Manager Strategic Planning and Change Management, selaku perwakilan PT PSN, Ardi Susetyo Wibowo, berterima kasih kepada Pondok Sedekah Indonesia, yang sudah menjembatani dan menyalurkan donasi untuk pembuatan sumur di Desa Sukatenang.

“Semoga dengan adanya sumur ini, bisa dimanfaatkan untuk kebutahn sehari-hari oleh masyarakat. Kami juga berharap, sumur ini bisa dijaga, sehingga tidak hanya untuk saat ini, tapi juga digunakan oleh generasi-generasi dimasa mendatang,” harap Ardi.

Sementara Kadiv Program Pondok Sedekah Indonesia, Anton Budi Purnomo, juga menyampaikan terima kasih kepada PT Pasifik Satelit Nusantara, atas pembangunan sumur di Musholla Nurul Iman, Kampung Babakan Rt. 01/02, Desa Sukatenang Kecamatan Sukawangi.

“Semoga air dari sumur ini, bisa digunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari hari, termasuk keperluan ibadah,” ucap Anton.

Sementara itu, Ketua RW setempat, Samsuri, menyampaikan kegembiraannya dalam acara peresmian Sumur di Kampung Babakan Rt. 01/02, Desa Sukatenang Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, Rabu (30/9).

“Alhamdulillah, harapan kami untuk mendapatkan air bersih telah terkabulkan. Kami sangat berterima kasih kepada PT Pasifik Satelit Nusantara dan Pondok Sedekah Indonesia,” tandas Samsuri. (pra/pms)

Related Articles

Back to top button