Cikarang

Warga Keluhkan Sampah Kiriman di Bantaran Sungai

LIHATIN SAMPAH: Sejumlah anak melihat sungai yang dipenuhi sampah, di Desa Setiaasih, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Rabu (30/9). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sejumlah warga di Kampung Bogor Desa Setiaasih Tarumajaya Kabupaten Bekasi, mengeluhkan banyaknya tumpukan sampah di bantaran sungai.

Kondisi tersebut dinilai tidak sesuai dengan program Sungai Bersih yang sedang dicanangkan oleh Dinas Lingkungan Hudup (DLH) Kabupaten Bekasi, sehingga perlu jadi perhatian bersama.

“Sudah satu bulan, sampah tiba-tiba muncul di sungai ini, namun di seberang jembatan, masih bersih. Dan saat hujan deras, tiba tiba sampah sudah memenhui aliran sungai,” kata salah seorang warga, Khoiri (33) kepada Radar Bekasi saat ditemui di wilayah Sungai Kampung Bogor, Rabu (30/9).

Menurut Khoiri, kondisi sampah di sungai tersebut sangat menggangu, dan merusak pemandangan. Oleh sebab itu, dia berharap hal ini agar cepat diatasi bersama dan adanya kesadaran masyarakat.

“Sungai ini ini sebelumnya sudah pernah dibersihan secara bersama-sama. Tapi, kenapa belakangan menumpuk kembali?,” ucap Khoiri heran.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup, Khoirul Hamid menjelaskan, sampah tersebut merupakan kiriman dari Kota Bekasi.

“Kami sudah berupaya dengan mamasang jaring, tapi saking banyaknya sampai, akhirnya jebol dan sampah kembali menumpuk,” tuturnya.

Dan untuk memaksimalkan program kali bersih, tambah Hamid, pada Sabtu (3/10), pihaknya akan melakukan aksi kerja bakti bersama masyarakat dan petugas kebersihan.

“Rencananya, kami akan melakukan aksi bersih-bersih kali dengan melibatkan masyarakat, petugas kebersihan, dan menyiapkan 20 armada pengangkut sampah,” janji Khoirul. (and)

Related Articles

Back to top button