Berita Bekasi Nomor Satu

Aktif Suarakan Pendapat

Reza Nurpahlepi
Reza Nurpahlepi
Reza Nurpahlepi
Reza Nurpahlepi

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Reza Nurpahlepi (22) merupakan mahasiswa program studi Ilmu Pemerintahan Unisma Islam 45 (Unisma) Bekasi. Ia cukup aktif menyuarakan pendapat dalam menyikapi isu-isu yang sedang hangat baik tingkat daerah maupun nasional.

Bagi Reza-begitu ia akrab disapa- sebagai mahasiswa dirinya memiliki ruang bebas dalam berpendapat. “Kesempatan berpendapat dan membela itu hak semuanya. Tapi saya sebagai mahasiswa ingin menjadi salah satu bagian dari mereka yang tidak bisa menyuarakan pendapatnya secara langsung,” ungkap Reza, kepada Radar Bekasi.

Menurutnya, banyak kebijakan pemerintah yang tidak memihak masyarakat. Namun, dalam hal ini masih banyak masyarakat yang tidak memiliki keberanian untuk menyuarakan pendapat sehingga memilih untuk diam.

“Jika masyarakat takut untuk berpendapat, maka saya sebagai mahasiswa harus mewakili suara-suara mereka. Sebagai mahasiswa tugas menimba ilmu menjadi sesuatu hal yang wajib, tapi membela masyarakat dalam menyuarakan pendapat menurut saya juga penting,” tuturnya.

Sejak 2015, Reza aktif menyuarakan pendapat dalam menyikapi isu-isu yang sedang santer. Ia ingat betul pertama kali melakukan aksi turun ke jalan bersama petani saat Hari Tani dan Masyarakat Ekonomi Asean.

Menyuaran pendapat diakui antara lain melatihnya berpikir kritis dan menganalisis kebijakan yang beredar. “Baru-baru ini saya giat menyikapi pendidikan di masa pandemi, bagaimana peran pemerintah dalam dunia pendidikan hari ini. Kemudian dilakukan gerakan yang masif yang mampu merubah keadaan,” tandasnya.

Pendapat yang disuarakan kerap kali menemukan jalan keluar dalam suatu isu tersebut. Namun terkadang juga tidak. Hal itu merupakan suatu yang wajar.

“Itu semua sudah menjadi hal yang wajar, yang terpenting kita sudah berusaha untuk bisa menyuarakan mendapat kita sebagai masyarakat,” pungkasnya. (dew)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin