Berita Bekasi Nomor Satu

Jalani KKN di Masa Pandemi jadi Tantangan

Firly Oktaviani
Firly Oktaviani

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Firly Oktaviani merupakan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta. Perempuan berusia 22 tahun ini sedang menjalani program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik.

Mahasiswa asal Kota Bekasi ini menjalani KKN dengan mengajar di salah satu lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). “Harus tetap menjalani program KKN  meskipun di tengah pandemi, ini menjadi sebuah tantangan bagi aku,” ungkapnya kepada Radar Bekasi.

Sebab, dalam KKN ini dirinya harus mengajarkan anak-anak belajar dengan metode daring. Karena siswa PAUD belum terbiasa dengan pembelajaran jarak jauh, ia menerapkan metode pembelajaran melalui media infografis.

“Disini aku dituntut untuk bisa menerapkan pembelajaran yang kreatif,” ungkap Firly-begitu ia disapa.

Media infografis berupa gambar dan info. Salah satu contohnya yakni materi yang bertemakan bagian-bagian pohon seperti akar, batang, buah, biji, bunga, dan daun.

“Karakteristik yang biasanya anak-anak miliki adalah lebih senang dengan gambar dan suara. Metode gambar ini bisa membuat mereka melaksanakan pembelajaran dengan lebih menyenangkan,” katanya.

Menurutnya, tujuan KKN Tematik pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19 ini adalah penguatan yang dilakukan oleh guru untuk anak usia dini berupa video atau gambar-gambar yang menarik, infografis dikirimkan oleh guru kepada orangtua melalui whatsapp.

“Media tersebut dilengkapi dengan voice note, video call dan bisa juga melalui chat whatsapp dengan dibantu orangtua di rumah,” ujarnya.

Melalui program pembelajaran ini, diharapkan anak-anak merasakan kesenangan dalam mengikuti pembelajaran melalui media infografis. Hal itu sebagai upaya meningkatkan semangat belajar anak di masa pandemi.

“Guru dituntut untuk memiliki berbagai macam cara untuk menyampaikan pembelajaran agar anak tidak merasa bosan. Maka dapat disimpulkan bahwa media infografis ini dapat meningkatkan semangat belajar pada anak di masa pandemi ini,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin