Waspada Pohon Tumbang

BELUM DIPANGKAS: Sejumlah pohon di Jalan Ir H Juanda terihat belum dipangkas dan rawan tumbang. AHMAD PAIRUDZ/RADAR BEKASI
BELUM DIPANGKAS: Sejumlah pohon di Jalan Ir H Juanda terihat belum dipangkas dan rawan tumbang. AHMAD PAIRUDZ/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Di sejumlah ruas jalan Kota Bekasi masih terlihat deretan pohon yang belum dilakukan pemangkasan. Memasuki musim penghujan disertai angin kencang, pohon dikhawatirkan tumbang.

Pantauan Radar Bekasi ada beberapa ruas jalan dengan pohon yang menjuntai ke badan jalan. Di dekat pusat kota, lokasi itu diantaranya Jalan Ir H Juanda, Jalan Perjuangan, Jalan Rawa Tembaga, Jalan Margajaya, Jalan Sultan Agung, serta beberapa ruas jalan di 12 kecamatan.


Ivan (40) pengguna jalan mengaku merasa khawatir saat turun hujan di sertai angin kencang menyusul belum adanya pemangkasan pohon, utamanya di jalur protokol.

“Apalagi kalau saat hujan dan angin saya melintas di Jalan Ir H Juanda dan Perjungan khawatir pohon tumbang karena terlihat besar dan lebat serta menjuntai,” kata Ivan.


Pihaknya berharap kondisi itu segera diantisipasi di setiap wilayah tidak hanya di jalur protokol namun di 12 kecamatan, sebelum memakan korban.

“Saya ingin cepat dilakukan pemangkasan ya di jalan-jalan tersebut. Begitupun di jalan lain yang ada di Kota Bekasi. Banyak juga yang belum dipangkas. Saya harap Pemerintah bergerak cepat untuk melakukan pemangkasan pohon-pohon di jalan agar tidak ada korban. Jangan menunggu korban jatuh baru bergerak,” ucapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Seksi Rekonstruksi dan Rehabilitasi BPDB Kota Bekasi, Hendra mengaku, bahwa pihaknya sudah melaporkan hal tersebut.

Pasalnya, potensi hujan dan angin kencang masih terjadi di Kota Bekasi. Sehingga pihaknya melaporkan supaya segera ada pemangkasan pohon di sejumlah ruas jalan yang ada di Kota Bekasi.

“Memang untuk pemangkasan itu langsung kewenangan bidang Pertamanan di DBMSDA. Sebagai pihak BPBD Kota Bekasi kita sudah laporan, kita selalu sampaikan serta kita koordinasikan berkaitan hal tersebut. Ya mudah-mudahan segera ditangani. Jika hujan dan angin warga tidak khawatir serta tidak ada korban,” harapnya. (pay)