Berita Bekasi Nomor Satu

Rektor UHAMKA Raih Indonesia Academic Leader Award 2020

Rektor UHAMKA, Gunawan Suryoputro menerima penghargaan Indonesia Academic Leader Award 2020, Jumat (18/12/2020). Foto Istimewa.
Rektor UHAMKA, Gunawan Suryoputro menerima penghargaan Indonesia Academic Leader Award 2020, Jumat (18/12/2020). Foto Istimewa.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA-Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA atau UHAMKA, Gunawan Suryoputro kembali mengukir prestasi. Setelah terpilih sebagai Rektor Inspiratif, kini mendapat penghargaan kategori Academic Leader.

Penganugerahan sebagai Indonesia Academic Leader Award 2020 itu berlangsung dalam ajang Indonesia Award Magazine di Mercure Hotel, Jakarta, Jumat (18/12/2020).

Penghargaan ini diperoleh rektor UHAMKA lantaran dedikasinya dalam menciptakan iklim pendidikan nasional bermutu tinggi dan berorientasi pada pembentukan sumber daya manusia yang berdaya saing global. Sekaligus sebagai sosok berintegritas luhur.

Rafanara Pramudia, vice chairman penyelenggara acara menyatakan, penghargaan diberikan kepada insan-insan berprestasi, yang telah menorehkan catatan gemilangnya baik dalam bidang birokrasi pemerintahan, politik, ekonomi dan tak terkecuali pendidikan. Penghargaan diberikan kepada para insan berprestasi yang telah berupaya maksimal dalam meningkatkan kinerja yang berkualitas sesuai dengan disiplin bidang masing-masing.

Indonesia Award Magazine memberikan penghargaan kepada Kepala Pemerintahan tingkat Kota dan Kabupaten, Birokrat, Politisi, dan lain-lain yang telah sesuai kriteria. Award ini diberikan kepada yang berprestasi atas usahanya dalam meningkatkan kinerja excellence dan berkualitas melalui pengimplementasian suatu sistem,” tutur Pramudia.

Dalam pidato penganugerahannya, Gunawan menyampaikan pentingnya peranan seluruh pihak dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan nasional. Pendidikan yang berkualitas akan berdampak pada pembentukan sumber daya manusia yang bermutu, berkualitas dan berdaya saing global.

Gunawan menambahkan, peningkatan mutu kualitas pendidikan nasional juga harus didukung oleh kurikulum pendidikan yang bermutu. “Untuk itu, seluruh pihak harus mendesain kurikulum yang unggul agar setiap lulusan di berbagai lembaga pendidikan memiliki daya saing baik di lingkup nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Di lain sisi, sebagai kampus yang memiliki visi Propethic Entreprenuerial University di tahun 2045 UHAMKA terus mendorong untuk memberikan kontribusi besar kepada masyarakat.

Gunawan juga turut mengutarakan rasa syukurnya atas penganugerahan penghargaan yang disematkan kepadanya. Dirinya juga beranggapan bahwa penganugerahan penghargaan tersebut menjadi bukti bahwa kinerja UHAMKA secara langsung diakui masyarakat.

“Yang paling utama saya sampaikan rasa syukur kepada Allah SWT. Tidak dapat dipungkiri gelar ini juga membawa dampak bagi UHAMKA karena penghargaan ini turut menjadi bukti bahwa kinerja kita diakui oleh masyarakat,’’ imbuhnya.

Dia juga mengapresiasi Indonesia Magazine yang memiliki kriteria tak sembarangan dalam memberikan penghargaan. ’’Indonesia Magazine menilai kami dari prestasi sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas di Indonesia yang mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19 yang juga sudah diakui oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi yang memberikan akreditasi A dan dinobatkan sebagai kampus Islami terbaik di Jakarta,” beber Gunawan.

Gunawan juga menyatakan bahwa penghargaan ini turut menjadi kebanggaan bagi seluruh pihak Civitas Akademika UHAMKA. ’’Penghargaan ini sekaligus sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT,” ujar Gunawan.

Gunawan menutup pidatonya dengan berpesan kepada generasi muda untuk senantiasa berupaya menjadi insan yang unggul, optimis dalam bekerja keras, dan tangguh dalam menghadapi tantangan zaman. (rbs)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin