Nataru, Harga Cabai Merah Mendekati Rp100 Ribu/Kilogram

HARGA CABAI NAIK : Jelang natal dan tahun baru harga cabai merangkak naik, semula Rp40 ribu menjadi Rp70 ribu perkilogramnya. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.
HARGA CABAI NAIK : Jelang natal dan tahun baru harga cabai merangkak naik, semula Rp40 ribu menjadi Rp70 ribu perkilogramnya. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI TIMUR – Harga sejumlah komponen barang kebutuhan pokok mulai merangkak naik menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru). Namun, kenaikan harga kebutuhan pokok sampai dengan saat ini disebut tidak terlampau tinggi seperti tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu pedagang di kawasan Pasar Baru, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi mengaku lonjakan harga sudah mulai terlihat. Namun, kali ini tidak terlampau tinggi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, salah satunya harga telur mulai merangkak dari Rp22 ribu sebelumnya menjadi Rp27 ribu.


“Sudah ada, tapi tahun ini nggak seperti tahun-tahun yang kemarin sih, ekonomi sekarang juga lagi kaya gini,” ungkap pemilik toko Win Jaya kepada Radar Bekasi.

Hal yang sama juga terjadi pada komponen bumbu dapur. Salah satu pedagang, Wiber Melayu (40) menjelaskan komponen barang yang menunjukkan lonjakan harga diantaranya adalah cabai.


Harga cabai merah melonjak Rp60 ribu per kg, sementara cabai merah keriting melonjak Rp70 ribu per kg dari harga sebelumnya Rp40 ribu per kg, meskipun tidak lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Lonjakan harga mulai terlihat sejak tiga hari sebelumnya.

“Yang lain masih stabil, bawang merah masih stabil Rp28 ribu (per kg) yang super. Paling minim ini nanti sampai di angka Rp80 ribu, tahun-tahun sebelumnya sampai Rp100 ribu,” ungkapnya. (sur)