24 Guru Bersaing jadi Kepsek

Kasi Pengawasan KCD Pendidikan Wilayah III, Awan Suparwan
Kasi Pengawasan KCD Pendidikan Wilayah III, Awan Suparwan
Kasi Pengawasan KCD Pendidikan Wilayah III, Awan Suparwan
Kasi Pengawasan KCD Pendidikan Wilayah III, Awan Suparwan

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Rekrutmen Bakal Calon Kepala Sekolah (BCKS) tingkat SMA/SMK/SLB tingkat Provinsi Jawa Barat 2020 telah melewati proses seleksi administrasi. Guru sebagai peserta yang lolos akan mengikuti tes seleksi substansi oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) pada 11-15 Januari 2021.

Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah III mengusulkan 24 BCKS kepada Dinas Pendidikan (Provinsi Jawa Barat untuk mengikuti tes substansi. Mereka bersaing untuk mengisi kekosongan 213 jabatan kepala sekolah (kepsek) pada 2021 di Tanah Pasundan.


Kepala Seksi Pengawasan KCD Pendidikan Wilayah III Awan Suparwan menjelaskan, peserta rekrutmen yang dinyatakan lolos seleksi administrasi berjumlah 121 BCKS.

Berdasarkan validasi hasil seleksi administrasi oleh KCD Pendidikan Wilayah III, terdapat 24 BCKS yang lolos. Selanjutnya diusulkan ke Disdik Jabar untuk mengikuti tes substansi.


“Dari wilayah III yang lolos hanya 24 orang, sisanya tidak bisa melanjutkan seleksi BCKS,” kata Awan kepada Radar Bekasi, Minggu (27/12).

Salah satu peserta yang lolos validasi hasil seleksi administrasi Uswah menyampaikan, saat ini dirinya sedang mempelajari pedoman untuk mengikuti seleksi selanjutnya.

“Pedomannya harus dipelajari dahulu,” ungkap perempuan yang menjabat sebagai Wakil Kepala SMAN 1 Kota Bekasi Bidang Humas ini.

Terkait kesiapan menuju tahap selanjutnya, ia menyampaikan belum ada persiapan apapun yang dilakukan. “Belum ada persiapan apapun, masih mempelajari pedoman seleksi selanjutnya,” pungkasnya. (dew)