Berita Bekasi Nomor Satu

Ratusan Nakes Gagal Divaksin

SUNTIK VAKSIN : Petugas Kesehatan menyuntakan vaksin Sinovac kepada tenaga kesehatan di Puskesmas Cikarang.ARIESANT/RADAR BEKASI
SUNTIK VAKSIN : Petugas Kesehatan menyuntakan vaksin Sinovac kepada tenaga kesehatan di
Puskesmas Cikarang. Ratusan nakes di Kabupaten Bekasi gagal divaksin karena memiliki penyakit tertentu.ARIESANT/RADARBEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sebanyak 328 Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupaten Bekasi belum mendapat vaksinasi tahap pertama ini. Sebab, ratusan Nakes itu menderita Hypertensi, Ispa, Hamil, Penyintas, dan DM, sehingga tidak memenuhi persyaratan untuk mendapat vaksinasi.

“Sejauh ini ada 387 Nakes yang tidak memenuhi persyaratan,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah, Senin (1/2).

Dirinya menyampaikan, ratusan Nakes yang tidak memenuhi persyaratan terbagi menjadi dua katagori. Pertama, ada yang hanya dilakukan penundaan, karena kondisi badannya tidak memenuhi persyaratan. Dan yang kedua, ada Nakes yang tidak akan diberikan vaksinasi. Hal itu berdasarkan hasil skrening yang dilakukan sebelum vaksinasi.

“Ada Nakes yang ditunda. Kemudian ada juga Nakes yang sama sekali enggak akan diberikan vaksinasi,” tuturnya.

Menurutnya, Nakes yang tidak diberikan vaksinasi sama sekali, akan memdapat penggantinya. Hanya saja Alamsyah mengaku, vaksin penggantinya masih dalam tahap pengujian. “Diberikan jenis vaksin yang aman, semoga vaksin merah putih nanti, yang kini lagi di uji klinis,” ucapnya.

Selain Nakes, Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, belum juga diberikan vaksinasi pada tahap pertama ini. Kata Alamsyah, kondisi bupati masih belum fit, berdasarkan hasil skrening sebelum diberikan vaksinasi. Dengan begitu, pemberian vaksinasi untuk Bupati Bekasi dilakukan penundaan. “Sesuai hasil skreningnya bupati kondisinya belum fit. Makanya masih ditunda,” jelasnya.

Pria yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan ini mengatakan, pemberian vaksinasi tahap pertama ini kepada Nakes sudah berjalan beberapa hari. Kemudian, hingga saat ini sekitar 40 persen Nakes sudah diberikan vaksinasi, dari jumlah keseluruhan 12.234 Nakes di Kabupaten Bekasi.

Kata Alamsyah, pemberian vaksinasi kepada Nakes yang ada disetiap puskesmas maupun rumah sakit, perharinya sekitar 1000. Diharapkan, pemberian vaksinasi tahap pertama ini kepada Nakes bisa selesai pada Rabu (3/2) mendatang.

“Target selesai hari Rabu, dalam sehari ada 1000 Nakes yang diberikan vaksinasi. Sekarang baru sekitar 40 persen dari jumlah keseluruhan 12.234,” ungkapnya. (pra)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin