Berita Bekasi Nomor Satu

PMI Jemput Bola Pendonor

Illustrasi : Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) mengambil darah pendonor di Kantor PMI Kota Bekasi, Jalan Pramuka, Bekasi Selatan, di massa pandemi Covid-19 belum lama ini. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi menyiapkan motor layanan jemput donor darah untuk memudahkan pendonor di masa Pandemi Covid-19.

Hal itu juga sebagai upaya menanggulangi ketersediaan pasokan darah yang sempat mengalami keterbatasan stok, akibat menurunnya jumlah pendonor.

Kabag Pelayanan Donor UTD PMI Kota Bekasi, Liza Nodya Chintadini mengatakan, pelayanan tersebut sekaligus memberikan rasa aman bagi pendonor yang selama ini enggan keluar rumah.

“Jadi kita gunakan motor unit tersebut sebagai alat penjemputnya di keluarga pendonor. Supaya lebih efektif, efisien dan masyarakat tidak perlu khawatir di masa Covid-19 sekarang ini,” kata Liza belum lama ini.

Lanjut Liza, layanan motor tersebut juga untuk mengcover ketika kepadatan penggunaan mobil unit.”Ya jadi PMI lakukan pelayanan dengan motor itu,” ucap dia

Ia mencontohkan, seperti satu keluarga yang misalnya rutin melakukan donor darah di PMI Kota Bekasi, tapi dia khawatir terhadap kondisi saat ini dan tidak menutup kemungkinan pihaknya akan menerjunkan motor unit itu ke rumah warga.

“Untuk sementara ini kita baru memiliki satu motor unit layanan jemput donor darah ya,” ujarnya

Motor unit tersebut juga dilengkapi alat untuk kebutuhan donor, sama seperti di mobil unit. Hanya saja yang membedakan dari kapasitas alatnya saja yang lebih kecil menyesuaikan kapasitas motor.

Liza menambahkan, untuk kapasitas pendonor setiap motor unit minimal empat hingga lima orang dan maksimal cool box menampung hingga 10 kantong darah. Untuk pendaftaran juga bisa dilakukan melalui daring atau online. Masyarakat juga bisa menghubungi melalui telepon 082133354575.

“Intinya kita akan maksimal palayanan jemputan donor darah di masyarakat Kota Bekasi. Sehingga stok darah kita benar-benar stabil,” tukasnya. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin