Metropolis

Aklamasi, Gunawan Pimpin Kadin Kota Bekasi

DILANTIK: Ketua terpilih Muhammad Gunawan (ketiga kanan) bersama Dewan Pertimbangan, Dewan Penasehat dan Dewan Kehormatan menjalani proses pelantikan, Rabu (24/2). AHMAD PAIRUDZ/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Musyawarah Kota (Mukota) V Kadin Kota Bekasi membawa Muhammad Gunawan sebagai nakhoda baru Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Bekasi periode 2021-2026.

Gunawan terpilih secara aklamasi pada Mukota V Kadin yang dihelat di Hotel Santika Mega City Bekasi Jalan A Yani Kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi, Rabu (24/2). Sebelumnya ada empat calon yang mendaftar. Namun tiga orang mengundurkan diri.

Ketua Kadin terpilih, Muhammad Gunawan mengatakan, visinya kedepan akan menjadikan Kadin sebagai motor penggerak dunia usaha dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memacu roda perekonomian yang sehat dan berkelanjutan

Diantaranya, membangun kemitraan strategis dengan pemerintah daerah dalam memajukan dunia usaha Meningkatkan investasi dan ekspor serta memajukan dunia usaha melalui pemanfaatan teknologi.

Pengembangan SDM melalui kerjasama strategis dengan lembaga pendidikan, serta memfasilitasi generasi muda dalam pengembangan bisnis startup unggulan. Target lainnya, mempersiapkan sumber pendanaan murah bagi UMKM. Memfasilitasi rumah murah bagi pelaku UMKM yang belum memiliki rumah.

“Target satu bulan pertama adalah menyusun struktur organisasi kepengurusan Kadin periode 2021-2026 baik internal maupun eksternal,” katanya

Selain itu, kata dia, pihaknya akan melakukan komunikasi intens dengan perbankan yang ada di kota Bekasi. Salah satunya guna meningkatkan perkonomian di Kota Bekasi. “Terpilihnya saya di Mukota Kadin sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Dan peserta di hadiri 100 peserta tidak mencapai 300 peserta. Kedepan saya dan pemerintah akan terus melakukan komunikasi dengan intens,”paparnya.

Pembukaan Mukota kemarin juga dihadiri Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi. Dalam kesempatan itu ia menegaskan bahwa peran Kadin menjadi mitra strategis pemerintah, meningkatkan ekspor, meningkatkan investasi, dan juga membina UMKM.

“Siapapun yang terpilih harus sinergi dengan pemerintah dan memfasilitasi para anggotanya dan UMKM yang ada di Kota Bekasi,” katanya.

Lanjut dia, dari Pemerintah Kota Bekasi akan memfasilitasi dengan adanya investor yang ada dan mengembangkan ekonomi di daerah. Dengan adanya investor maka itu akan meningkatkan ekonomi dan juga memberikan kebutuhan kerja.

“Saya berharap bisa selalu bermitra dan bersama sama memecahkan permasalahan, hubungan sosial kemasyarakatan tidak ada minoritas dan mayoritas, semua memiliki hak yang sama dan itulah Kota Bekasi. Yang ingin kita capai dengan visi misinya, dan intinya kita tidak boleh berpangku tangan tetapi harus berusaha.” terangnya.

Lebih lanjut, kata dia, nantinya akan ada komunikasi dan diusulkan untuk pembangunan kantor Kadin Kota Bekasi di eks gedung Korpri yang dalam suratnya masih dimiliki oleh Kabupaten Bekasi. Diharapkan kedepan Kadin memiliki kantor yang refresentatif dan khas di pusat kota.

“Ya nantinya akan dibuatkna surat kepemilikan sehingga Bupati Bekasi mengetahui agar kantor eks Korpri dikelola di Kota Bekasi untuk gedung Kadin,” tukasnya.

Sementara, terkait agenda Mukota, Ketua Organizing Committee (OC) Mukota V Kadin Kota Bekasi, Deden Komarudin mengatakan, proses Mukota menerapkan protokol kesehatan ketat menyusul Pandemi Covid-19. Tamu undangan hingga peserta yang hadir menjadi perhatian agar tak menimbulkan kerumunan. Proses pemilihan Ketua Kadin sendiri berlangsung secara aklamasi.

“Pemilihannya dilakukan secara aklamasi ya. Dari empat calon di akhir-akhirnya tiga calon mengundurkan diri. Tetapi tetap kita rangkul karena mungkin mereka punya Visi dan Misi yang bagus dan kita akan kolaborasi,” ujarnya.

Menurutnya, Mukota ini tidak ada kendala. Karena semuanya sesuai dengan aturan yang ada di AD/ART dan peraturan organisasi Kadin.

Kemarin ketua terpilih secara aklamasi langsung di lantik hanya tinggal menunggu proses pengukuhan bersama pengurus.

“Kita kasih waktu pengukuhan satu bulan dari sekarang untuk menyerahkan susunan kepengurusan yang akan di kukuhkan nanti. Karena yang baru kita lantik hanya ketua, dewan pertimbangan, dewan penasehat dan dewan kehormatan,” ungkapnya.

Diharapkannya Ketua Kadin terpilih bisa memajukan anggota, UMKM dan bisa bersinergi dengan Pemerintah dan bisa menjadi tuan rumah di daerah sendiri.

“Kita harap Kadin baru ini dapat bersinergi ya. Memajukan anggota, UMKM dan menjadi tuan rumah di daerah sendiri,” tukasnya. (pay/pms)

Related Articles

Back to top button