Bisnis

QRIS, Mudahkan Transaksi Non Tunai

Kepala Bank bjb cabang Bekasi, Ahmad Faizal
Kepala bank bjb cabang Bekasi, Ahmad Faizal

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Masyarakat Bekasi saat ini makin dimudahkan dalam berbelanja maupun donasi. Hal ini seiring dengan hadirnya program Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dari PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten Tbk (bank bjb), yakni fitur uang elektronik berbasis server yang memanfaatkan teknologi berbasis mobile application. Untuk memanfaatkan fitur tersebut cukup mudah, pengguna tinggal mengunduh aplikasi yang sudah terstandarisasi, baik di Google Play maupun di App Store.

Seperti diketahui QRIS merupakan satu-satunya QR yang berlaku di Indonesia dan dikembangkan oleh Bank Indonesia serta Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). QR ini untuk mendukung interkoneksi instrumen sistem pembayaran yang lebih luas serta mengakomodasi kebutuhan transaksi keuangan secara nasional, sehingga memudahkan interoperabilitas antar penyelenggara, antar instrumen, termasuk antar negara.

Kepala bank bjb cabang Bekasi, Ahmad Faizal mengatakan, kemudahan dalam bertransaksi secara non tunai adalah salah satu kelebihan yang ditawarkan penyedia layanan digital banking. bank bjb melalui uang elektronik bjb DigiCash turut menawarkan garansi kemudahan serupa, tak terkecuali dalam bentuk akses pembayaran yang luas di mana bjb DigiCash dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan belanja.

“Kehadiran bjb DigiCash sebagai alat bayar elektronik ini merupakan inovasi yang dipersembahkan bank bjb kepada masyarakat Indonesia. Kami menggaransi berbagai kemudahan penggunaan bjb DigiCash sebagai alat transaksi, termasuk dalam hal aksesibilitas di mana bjb DigiCash dapat digunakan di berbagai merchant yang memiliki alat bayar berlogo QRIS,” terangnya.

Cara penggunaan bjb DigiCash di gerai berlogo QRIS ini sangat mudah. Pengguna tinggal melakukan pemindaian QRIS melalui aplikasi bjb DigiCash atau bjb DIGI. Syaratnya, pastikan terlebih dulu saldo electronic money Anda mencukupi. bjb DigiCash dapat digunakan untuk membayar produk-produk pada merchant yang telah memiliki QRIS tanpa kecuali sehingga pengguna memiliki opsi belanja yang luas dan sangat beragam.

Kelebihan lain dari bjb DigiCash yaitu, uang elektronik keluaran bank bjb ini juga dapat digunakan untuk pembayaran tagihan pajak seperti pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan PBB, transfer ke sesama pengguna, dan dikonversi menjadi simpanan di tabungan bank bjb dan transfer uang elektronik antar bank.

Pada masa pandemi Covid-19, penggunaan uang elektronik juga lebih dianjurkan sebagai alat transaksi pembayaran. Sifat transaksi nontunai menggunakan uang elektronik akan meminimalisir kontak tangan secara langsung.

“Ya, pembayaran non tunai ini bisa menjadi bagian kampanye protocol kesehatan Covid-19 yakni tidak mengunjungi kerumunan dan berinteraksi langsung dengan orang banyak. Ayo manfaatkan bjb DigiCash untuk memudahkan transaksi,” tandasnya.(mif/adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button