Bola

Kalahkan Man United lewat Adu Penalti, Villarreal Juara Liga Europa 2021

Pertandingan final Liga Europa 2020/21 antara Villarreal vs Manchester United di Stadion Miejski (Gdansk), Polandia, Kamis (27/5/2021) dini hari WIB.

RADARBEKASI.ID, GDANSK – Villarreal menahbiskan diri sebagai juara Liga Europa 2020/21 setelah secara dramatis mengalahkan Manchester United di babak final, Kamis (27/5/2021) dini hari WIB. Kedua tim sebelumnya bermain imbang 1-1 dalam 90 menit waktu normal. Setelah babak extra time skor tidak berubah, pemenang ditentukan lewat adu penalti.

Di babak penalti, Villarreal menang 11-10 dan memastikan gelar juara Liga Europa musim ini. Final Liga Europa antara Villarreal vs Man United sendiri digelar di Stadion Miejski (Gdansk), Polandia. Sebanyak 9.500 penonton dibolehkan masuk ke stadion.

Pada laga final ini, pelatih Villarreal, Unai Emery memainkan striker yang dipanggil masuk Timnas Spanyol untuk Euro 2020, Gerard Moreno di lini depan.

Moreno ditemani bomber veteran Carlos Bacca dan pemain muda, Yeremi Pino di lini depan Tim Kapal Selam Kuning. Dari kubu Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer mengandalkan Edinson Cavani.

Penyerang Uruguay itu dibantu trio gelandang serang, Marcus Rashford, Mason Greenwood dan Bruno Fernandes. Villarreal unggul lebih dulu melalui gol Gerard Moreno pada menit ke-29. Umpan tendangan bebas Dani Parejo berhasil diteruskan striker Timnas Spanyol itu untuk membawa Villarreal unggul 1-0.

Keunggulan wakil Spanyol ini bertahan hingga babak pertama usai. Man United berhasil menyamakan skor pada menit ke-55. Bola liar di dalam kotak 16 Villarreal disambut Cavani dengan sepakan keras dari jarak dekat.

Sepintas terlihat Cavani dalam posisi offside. Wasit Clement Turpin pun sempat berkonsultasi dengan pusat kontrol VAR sebelum mengesahkan gol tersebut. Man United mendapat peluang emas padamenit ke-71 lewat Marcus Rashford, tapi tendangannya dalam situasi one on one dengan Geronimo Rulli malah melenceng dari sasaran.

Semenit berselang, Cavani nyaris membawa Setan Merah berbalik unggul. Namun sundulannya mampu dihalau pemain belakang Villarreal sebelum melewati garis gawang. Di masa injury, pemain VIllarreal, Pau Torres mendapat peluang emas di dalam kotak penalti MU, tapi sepakannya terlalu keras dan melambung dari sasaran. Hingga babak kedua berakhir skor tetap 1-1. Pertanding pun akan dilanjutkan babak extra time.

Dalam dua kali 15 menit babak tambahan waktu, juga tidak ada gol tercipta. Pemenang pun harus ditentukan lewat adu penalti. Pada babak adu tos-tosan ini, lima penendang pertama kedua tim sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Bahkan sampai penendang ke-10 belum ada algojo penalti yang gagal. Hingga penendang ke-11, giliran kiper kedua tim yang jadi algojo penalti. Rulli sukses dan sial bagi MU, tendangan David de Gea bisa ditepis Rulli. Villarreal pun menang adu penalti dengan skor 11-10 (1-1). Dengan demikian, Villarreal keluar sebagai juara Liga Europa 2020/21. Ini merupakan gelar Eropa pertama klub Spanyol ini. (oke/fat/pojoksatu)

Related Articles

Back to top button