Berita Bekasi Nomor Satu

Kuota PPDB Tersisa 3,53 Persen

LAYANI: Panitia PPDB SMPN 2 Kota Bekasi melayani masyarakat. DEWI WARDAH
LAYANI: Panitia PPDB SMPN 2 Kota Bekasi melayani masyarakat. DEWI WARDAH

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi membuka pendaftaran tahap kedua Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 daring jenjang SD dan SMP pada 14-15 Juli 2021. Pendaftaran kembali dibuka selama dua hari untuk memenuhi daya tampung atau kuota.

Berdasarkan data yang dihimpun, kuota PPDB di Kota Bekasi sebanyak 38.448 siswa. Rinciannya, SD sebanyak 24.976 siswa dan SMP sebanyak 13.472 siswa.

Pada pendaftaran tahap pertama yang dimulai 3-9 Juli 2021 melalui laman https://bekasi.siap-ppdb.com/#/, terpenuhi kuota sebanyak 96,47 persen. Dengan demikian, kuota masih tersisa sedikitnya 3,53 persen

“Kita akan buka PPDB (pendaftaran,Red) tahap kedua ini untuk keterpenuhan jumlah kuota yang tersedia. Saya rasa waktu yang kami berikan cukup,” ungkap Kepala Bina Program Disdik Kota Bekasi Dewi Rosita kepada Radar Bekasi, Rabu (14/7).

Pendaftaran tahap kedua ini hanya membuka jalur zonasi. Mekanisme pendaftaran sama seperti tahap pertama dengan sistem seleksi real time atau waktu sebenarnya.

“Pendaftarannya online juga, dibuka pukul 08.00 WIB dan akan ditutup nanti 15 Juli 2021 pada pukul 16.00 WIB,” tuturnya.

Wakil Kepala SMPN 29 Kota Bekasi Nining mengatakan, masih ada kuota PPDB di sekolah tempatnya mengajar. Oleh karena itu, pendaftaran tahap kedua dibuka agar kuota terpenuhi.

“Kita masih ada kuota, tapi tidak banyak. Makanya hari ini kami buka web PPDB di jam 8 tadi,” katanya.

Lebih lanjut Nining menjelaskan, kuota yang tersisa hanya lima siswa. Itu merupakan kuota siswa jalur pendaftaran perpindahan orang tua dan afirmasi.

“Kita kosong di jalur afirmasi dan perpindahan orang tua, saat ini semua dipusatkan hanya satu jalur yaitu zonasi,” jelasnya. Ia optimis, siswa kuota yang sangat sedikit dapat terpenuhi di pendaftaran tahap kedua selama dua hari. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin