Para Tokoh Bekasi Ini Minta Herkos Jadi Cawalkot

Ketua DPD PKS Kota Bekasi Heri Koswara (kanan) bersama Anggota DPR RI Mahfudz Abdurahman (kiri), Ahad (17/10) Foto ist.

RADARBEKASI.ID, BEKASI-Sejumlah tokoh di Bekasi meminta Heri Koswara bersedia menjadi calon Wali Kota Bekasi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Herkos, begitu sapaannya, dinilai sebagai salah satu sosok yang pas untuk memimpin Kota Bekasi karena dinilai santun, sejuk, pekerja keras, cerdas dan agamis.

Penilaian tersebut di antaranya dilontarkan oleh KH Ishomuddin Muchtar, KH Salimin Dani, Jawara Bekasi Damin Sada, Pakar Lingkungan Sony Teguh di acara Reses Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Mahfudz Abdurahman, Ahad (17/10).


Dalam kesempatan itu, hadir sekitar 70 pimpinan tokoh dan ormas se-Kota Bekasi. Turut hadir Ketua DPD PKS Kota Bekasi Heri Koswara.

Menurut Mahfuz, liburnya persidangan seorang anggota DPR bukan berarti libur bekerja. Justeru saat itulah seorang anggota DPR terjun ke masyarakat, melihat, menyerap dan mendengar langsung suara masyarakat.


Ini bukan kesempatan pertama Mahfudz reses di Kota Bekasi. Sebagai anggota DPR RI yang sudah tiga periode dari daerah pemilihan Kota Bekasi dan Kota Depok Mahfudz memang sudah sering melakukan interaksi kepada masyarakat di kedua kota ini.

Dalam catatan media, terakhir Mahfudz mengelar reses pada Mei 2021 dalam bentuk bukapuasa bersama Presiden PKS. Pernah juga di saat banjir, bersama Presiden PKS dan ketua DPD Mahfudz mengunjungi dan membantu korban banjir di Kota Bekasi.

Tapi reses kali ini tampak istimewa karena momentumnya berkaitan pula dengan sedang dilakukannya proses seleksi bakal calon walikota yang akan diusung PKS untuk kota Bekasi. Karena itu, pembicaraan tentang masa depan Kota Bekasi turut menjadi perhatian para tokoh dalam reses kali ini.

“Satu-satunya jalan, Kota Bekasi harus punya walikota yang sejuk, agamis, santri, santun, tapi pekerja keras dan cerdas,” kata KH. Ishomuddin Muchtar.

Beberapa kiai dan floor yang menyampaikan pandangannya, meminta DPP PKS untuk mempertimbangkan secara matang agar tidak salah memilih calon yang akan diusungnya.

“Kami ingin yang seperti penampilan pak Saikhu saat memimpin di Bekasi, sejuk, santun tapi bisa kerja keras,” katanya.

Sosok itu, menurut para tokoh, ada pada Heri Koswara, ketua DPD PKS yang saat ini menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Barat. “Tokoh ini sangat layak diusung, dan beliau mencerminkan kepemimpinan yang mirip dengan kepemimpinan pak Saikhu,” kata Dr. Sony Teguh.

Seperti sudah menangkap gelagat sebelumnya, Mahfudz pada awal sambutannya sudah mengatakan bahwa salah satu tugas partai saat ini adalah melakukan seleksi untuk beberapa daerah yang akan mengikuti kontestasi pilkada baik di tingkat Kota/Kabupaten maupun Provinsi. Salah satunya untuk Kota Bekasi. Dan seleksi ini sudah ada prosedur bakunya.

“Jadi, PKS belum menentukan siapa yang akan diusungnya, masih diseleksi,” kata Mahfudz sambil mengarahkan pandangannya kepada Heri Koswara. (zar)