Bisnis

Telkomsel Dorong Masyarakat Hidup Sehat

Luncurkan Aplikasi Fita

BERI PENJELASAN: Direktur Utama Telkomsel,  Hendri Mulya Syam, memberi penjelasan pada saat acara konferensi pers peluncuran aplikasi Fita secara virtual, Rabu (10/11). DOK.TELKOMSEL/RADARBEKASI.ID

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Telkomsel menghadirkan platform Fita, salah satu aplikasi kesehatan, yang berfokus untuk mengubah perilaku masyarakat dengan menerapkan kebiasaan baik.

Dengan mendorong gerakan #SehatMakinNikmat, Fita menyuguhkan localized content seputar kesehatan, nutrisi, dan berbagai program olahraga yang telah dikurasi oleh certified coach.

Fita juga menyuguhkan berbagai program kesehatan berkolaborasi dengan sejumlah health enthusiast, diantaranya Ade Rai, Melanie Putria, dan Kemal Mochtar. Aplikasi Fita kini juga telah dapat diunduh di Google Play Store dan Apple Store, secara gratis.

Chief Executive Officer Fita, Reynazran Royono menjelaskan, aplikasi kesehatan telemedicine, sudah mulai ramai dan diminati masyarakat. Jarak dan waktu, bukan lagi penghalang untuk terhubung dengan layanan kesehatan. Namun saat ini, belum banyak platform yang menekankan kontennya kepada pencegahan.

“Fita hadir untuk membantu masyarakat, membangun kebiasaan baik, mendorong masyarakat untuk dapat menerapkan hidup lebih sehat, sehingga tidak mudah terserang penyakit, sebagai bentuk pencegahan,” ungkap Reynazran pada saat konferensi pers peluncuran Fita secara virtual, Rabu (10/11).

Disampaikan Reynazran, aplikasi Fita sudah dapat dinikmati masyarakat sejak bulan Agustus 2021, dan antusiasme terhadap konten yang dihadirkan Fita ini semakin tumbuh, dengan lebih dari 350 ribu jumlah pengunduh hingga saat ini.

Pertumbuhan tersebut, turut mendorong keberhasilan Fita, menduduki peringkat pertama di Google Play Store, menandai satu-satunya aplikasi kesehatan lokal di Top 10 Health & Fitness, hanya dalam satu bulan, Fita dapat diunduh oleh masyarakat.

Lanjutnya, untuk mendaftar pada aplikasi Fita, pada tahap awal, pengguna diwajibkan untuk menjawab beberapa pertanyaan terkait kondisi fisik dan healthy goal, yang ingin mereka raih.

Lalu, mereka akan diberikan daily task, yang harus diselesaikan. Daily task ini, bertujuan untuk membangun kebiasaan baik, agar terbentuk mindset yang merupakan langkah awal terciptanya pola hidup sehat.

“Fita menawarkan personalized program untuk setiap pengguna. Melalui Fita, pengguna dapat mengukur sejumlah aktivitas, seperti daily steps, guna mengetahui asupan kalori yang mereka konsumsi, dan menjumpai beragam workout video. Selain itu, pengguna dapat mengakses artikel kesehatan, meal plan, healthy recipe yang sudah dilengkapi dengan video memasak. Kami juga memberikan jaminan, bahwa semua konten yang tersedia sudah disupervisi oleh certified coach dari Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia, dan nutritionist terbaik yang merupakan mitra strategis Fita,” terang Reynazran.

Memiliki goal untuk dapat menjadi the leading health-tech company yang berfokus dalam menyuguhkan preventive solution, agar masyarakat terhindar dari penyakit, inovasi teknologi merupakan key development Fita dalam satu tahun ke depan.

“Ke depannya, fitur yang ada, akan dilengkapi oleh AI technology, untuk mencapai tingkat accuracy yang maksimal. Seperti contoh, pengguna bisa mengunggah foto makanan yang ia konsumsi, untuk mendapatkan macronutrients,” ujar Reynazran.

Pada kesempatan itu, Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam menambahkan, Telkomsel menghadirkan Fita dengan visi untuk dapat memberikan solusi kesehatan berbasis health-tech di tengah masyarakat melalui inovasi dan teknologi.

Saat ini, diperlukan peran aktif serta kolaborasi dari berbagai pihak untuk bersinergi untuk hadir berdampingan bersama masyarakat Indonesia, sekaligus dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru, terutama di masa pandemi yang penuh tantangan, dan masih berlangsung.

“Kami berharap, dengan hadirnya aplikasi Fita ini, akan membantu masyarakat menerapkan hidup sehat melalui ragam konten berkualitas, dengan akses solusi berteknologi terkini, serta mewujudkan bangsa Indonesia yang lebih sehat. Kedepannya, sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Telkomsel terus memperkuat konsistensi dalam menghadirkan lebih banyak peluang kemajuan bagi bangsa, melalui solusi layanan berbasis digital, yang sesuai dengan prinsip customer-centric di berbagai sektor lintas industri,” beber Hendri.

Ia menyampaikan, kehadiran Fita sendiri, didasari oleh fakta yang menyebutkan bahwa sebagai negara berkembang, Indonesia kerap dihadapi oleh berbagai macam penyakit, seperti hipertensi, kardiovaskular, diabetes, dan masyarakat yang masih terpaku pada pola hidup yang tidak sehat.

Sedangkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menilai, bahwa Fita akan menjadi solusi yang dapat membantu masyarakat, untuk menerapkan pola hidup sehat, agar tercipta kualitas hidup yang lebih baik.

“Seperti diketahui, pandemi Covid-19 telah mengajarkan kita dua hal, yakni pentingnya bertransformasi dan pentingnya bagaimana menjaga kesehatan. Telkomsel sebagai bagian BUMN TelkomGroup, tidak boleh lagi hanya mengandalkan model bisnis yang lama, tapi harus melakukan perubahan yang signifikan, dengan bertransformasi menjadi perusahaan digital. Melalui peluncuran aplikasi Fita oleh Telkomsel ini, diharapkan dapat membantu masyarakat, dalam mengakses konten terkait kesehatan, dan edukasi. Sudah saatnya, menjaga kesehatan itu tidak mahal dan sulit,” ucap Erick, pada sesi acara peluncuran Fita. (bis)

Related Articles

Back to top button