BolaOlahraga

Prediksi Indonesia vs Thailand: Wajib Menang

RADARBEKASI.ID, SINGAPURA – Timnas Indonesia akan melakoni leg pertama final Piala AFF 2020 menghadapi Thailand di National Stadium, Kallang, Singapura, Rabu (29/12) malam WIB nanti.

Indonesia tampil di babak puncak setelah mengubur mimpi Singapura dengan agregat 5-3. Sementara Thailand melaju ke babak final setelah menghempaskan Vietnam 2-0.

Dari catatan sejarah, ini adalah final ketujuh bagi Timnas Garuda. Sayang, dari tujuh babak final yang telah digapai, belum sekalipun Indonesia membawa pulang Piala AFF ke tanah air.

Untuk itulah, di edisi tahun ini pelatih timnas Shin Tae-yong berambisi mengakhiri kutukan Indonesia di Piala AFF. Indonesia wajib menang dan juara.

Namun, misi ini bukanlah perkara mudah. Thailand adalah negara dengan pemegang rekor gelar terbanyak di Piala AFF. Negeri Gajah Putih itu telah merengkuh lima kali gelar juara. Sementara final tahun ini adalah yang kesembilan kalinya.

Thailand jelas bukanlah lawan yang enteng. Mereka diisi dengan sejumlah pemain yang sarat pengalaman. Sebut saja, Chanatip Songkrasin dan Teerasil Dangda yang saat ini menjadi pemain tersubur di Piala AFF.

Bandingkan dengan para pemain Indonesia yang mayoritas diisi pemain muda yang miskin pengalaman di level internasional.

Kondisi ini diperparah dengan absennya sejumlah pemain. Rachmat Irianto dan Arhan Pratama kemungkinan tak bisa tampil.
Kemungkinan Rachmat Irianto akan digantikan Edo Febriansyah. Sementara, Asnawi akan mengisi sektor bek kanan.

“Selain Rian (Rachmat Irianto) yang cedera ringan, dan Arhan mendapat akumulasi kartu, kondisi seluruh pemain dalam keadaan baik,” ujar pelatih Timnas Shin Tae-yong dikutip dari situs resmi PSSI.

Kabar baiknya, kiper Nadeo Argawinata dalam kondisi onfire. Pemain asal Kota Kediri Jawa Timur itu tampil gemilang dan penuh percaya diri selama keikutsertaannya di Piala AFF. Nadeo juga menjadi pahlawan di laga versus Singapura dengan menepis penalti lawan.

Sedangkan, Thailand tak bisa menurunkan penjaga gawang nomor satu mereka, Chatchai Budprom yang mengalami cedera ACL pada laga semifinal leg kedua kontra Vietnam.

Budprom dipastikan akan digantikan kiper veteran milik Buriram United, Siwarak Tedsungnoen. Meski sudah berusia 37 tahun, Siwarak tetap mampu menampilkan permainan yang prima.

Shin Tae-yong kemungkinan bakal kembali memainkan trio Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga, dan Rizky Ridho di jantung pertahanan. Tiga pemain ini cukup efektif meredam pergerakan pemain lawan.

Nah, di barisan penyerang timnas, sepertinya siapa pemain yang akan diturunkan masih menjadi misteri. Ezra Walian masih belum mendapatkan garansi dari Shin Tae-yong untuk turun sejak kick off.

Ini tak lepas dari strategi Shin untuk membobol barisan pertahanan Thailand yang bakal diisi duet bek blasteran Jerman, Manuel Bihr dan pemain muda Kritsada Kaman.

Keduanya akan disokong wingback Narubadin Weerawatnodom di sisi kanan dan Suriya Singmui yang dimainkan di bek kiri menggantikan Teerathon Bunmathan yang harus absen karena akumulasi kartu.

Sedangkan di lini serang, Teerasil Dangda dipastikan akan kembali menjadi andalan. Empat golnya sepanjang Piala AFF 2020 menjadi bukti kualitas striker berusia 33 tahun itu.

Nah, jika tak ingin kebobolan, trio pertahanan Timnas Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga, dan Rizky Ridho harus mematikan pergerakan Teerasil Dangda.

Sementara itu, dua nama penyerang sayap di Timnas Indonesia kemungkinan besar akan ditempati oleh Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri.

Satu pemain lagi di pos ujung tombak kini masih menjadi misteri, apakah Shin Tae-yong bakal berjudi dengan kembali memainkan Ezra Walian ataukah tidak.(wsa)

Related Articles

Error, no group ID set! Check your syntax!
Back to top button