Berita Bekasi Nomor Satu

Bilbao Tantang Real Madrid di Final Piala Super Spanyol

Selebrasi Yeray Alvarez setelah mencetak gol penyeimbang Athletic Bilbao dalam pertandingan semifinal Piala Super Spanyol lawan Atletico Madrid. Foto: Reuters

RADARBEKASI.ID, RIYADH – Kejutan terjadi di Piala Super Spanyol. Athletic Bilbao melaju ke babak final setelah menundukkan Atletico Madrid 2-1 di King Fahd International Stadium, Riyadh, Arab Saudi, Jumat (14/1) dini hari WIB.

Atletico Madrid memimpin terlebih dahulu lewat gol bunuh diri kiper Unai Simon, yang kemudian dibalas Athletic Bilbao lewat dua gol dari Yeray Alvarez dan Nico Williams.

Atletico menciptakan peluang saat pertandingan baru berjalan dua menit ketika tendangan kaki kanan Joao Felix dari dalam kotak penalti mengirim bola melambung tinggi dari gawang Simon.

Athletic Bilbao menciptakan peluang emas pada menit ke-9. Umpan terobosan Oihan Sancet ke tengah kotak penalti diteruskan dengan tendangan Inaki Williams. Namun, bola masih bisa diselamatkan oleh kiper Jan Oblak.

Pada menit ke-20 Atletico memberikan ancaman lewat upaya Yannick Carrasco dari luar kotak penalti. Sayang, tendangan kaki kanannya masih bisa mengarah tepat ke pelukan Simon.

Athletic Bilbao membalas tujuh menit kemudian. Kali ini giliran Dani Garcia melepaskan tendangan jarak jauh, tetapi bola masih meleset dari gawang Oblak.

Gelandang Atletico, Geoffrey Kondogbia memiliki peluang emas untuk mencetak gol pada menit ke-39. Bermula dari aksi individu Carrasco melewati dua pemain di sisi kanan, dia kemudian memberikan umpan ke Marcos Llorente ke sisi lainnya.

Llorente lalu mengirim bola ke tengah sebelum disambar Kondogbia dengan tendangan mendatar dari luar kotak penalti, sayangnya Unai Simon masih bisa menghentikan bola dengan baik.

Skor imbang tanpa gol bertahan hingga babak pertama berakhir.

Usai jeda, kedua tim tetap bermain menyerang dan sama-sama menciptakan peluang. Namun, belum ada gol yang tercipta.

Atletico akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit ke-61. Sundulan Joao Felix di kotak penalti mengenai tiang gawang kemudian Unai Simon sebelum menjadi gol. Skuad Diego Simeone unggul 1-0.

Athletic Bilbao langsung merespons melalui sundulan Alvarez di kotak penalti setelah memanfaatkan tendangan bebas Iker Muniain dari sisi kanan. Namun, refleks cepat Jan Oblak masih bisa menggagalkan upaya tersebut.

Gol penyeimbang Athletic Bilbao muncul pada menit ke-76 lewat skema bola mati saat tendangan sepak pojok Muniain disundul Yeray Alvarez ke gawang Oblak.

Kemudian, mereka secara luar biasa membalikkan keunggulan pada menit ke-80 saat sepak pojok Dani Garcia disambar Nico William dengan kaki kirinya ke pojok kiri bawah gawang Oblak.

Menjelang berakhirnya pertandingan, pemain Atletico Madrid Jose Gimenez mendapatkan kartu merah langsung setelah melakukan pelanggaran ke Inigo Martinez.

Athletic Bilbao menutup pertandingan dengan comeback luar biasa dan berhak melaju ke final Piala Super Spanyol, di mana mereka ditunggu oleh Real Madrid yang telah menyingkirkan Barcelona 3-2.

SUSUNAN PEMAIN:

Atletico Madrid (3-1-4-2): Oblak; Vrsaljko, Gimenez, Hermoso; Kondogbia (De Paul 51′), Lemar (Cunha 85′), Koke (Herrera 84′), Carrasco, Llorente (Lodi 46′); Felix, Correa (Suarez 71′).

Athletic Bilbao (4-4-2): Simon; De Marcos, Alvarez, Martinez, Balenziaga (Berchiche 75′); Alex Berenguer (Nico Williams 70′), Zarraga (Vesga 70′), Garcia, Muniain; Sancet (Raul Garcia 70′), Williams.

(wsa)

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin