Berita Bekasi Nomor Satu
Bisnis  

Komitmen Coca-Cola Europacific Partners Indonesia, Wujudkan Masyarakat Mandiri dan Lingkungan Hidup Asri

1. Desa Bestari CCEP Indonesia program pelatihan budi daya dan pangan olahan dari lidah buaya. COCA-COLA EUROPACIFIC PARTNERS INDONESIA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia), terus berkomitmen mewujudkan bisnis yang berkelanjutan melalui langkah strategis, terutama dalam hal pemberdayaan masyarakat dan berbagai inisiatif perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di area perusahaan beroperasi. Atas kegiatan keberlanjutan (sustainability) yang sudah dilakukan tersebut, perusahaan melalui pabrik di Bekasi dan Sumedang mendapat penghargaan dalam ajang CSR Award 2021 dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, pada Desember 2021.

Pemberian penghargaan dikemas dalam acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Hotel Pullman, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (23/12/2021). Penghargaan diberikan kepada BUMD, BUMN, dan swasta yang signifikan membantu dalam berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, pelayanan lingkungan, infrastruktur dan sanitasi, solidaritas sosial, hingga keagamaan.

Sepanjang 2021, berbagai kegiatan yang menitik beratkan pada pilar-pilar program keberlanjutan, seperti kemasyarakatan, kesehatan, pendidikan, dan lingkungan hidup berhasil dilaksanakan dengan melibatkan peran dari berbagai pemangku kepentingan yang ada, antara lain pemerintah daerah setempat, masyarakat, komunitas, dan media. Dukungan para pemangku kepentingan menjadi kunci keberhasilan berbagai program kegiatan CCEP Indonesia yang terhitung telah melaksanakan lebih dari 30 program kegiatan sosial kemasyarakatan dan lingkungan hidup selama 2021.

“Kegiatan keberlanjutan CCEP Indonesia selama ini, pada prinsipnya adalah kegiatan dari, untuk, dan oleh masyarakat. Program sinergi yang dijalankan selama 2021 mendapat dukungan penuh para pemangku kepentingan yang ada, sehingga dapat berhasil dilaksanakan,” ujar Nurlida Fatmikasari, Central Indonesia Regional Corporate Affairs Manager, CCEP Indonesia.

Di bidang pemberdayaan masyarakat, perusahaan mengadakan program pendampingan bertajuk Desa Bestari CCEP Indonesia. Desa Bestari (Bersih, Sehat, Tangguh, Mandiri, Lestari) sendiri merupakan program pendampingan pemberdayaan masyarakat sekitar wilayah operasional pabrik yang dilaksanakan oleh CCEP Indonesia, yang berada di area Central Indonesia Region.

Program Desa Bestari merupakan komitmen keberlanjutan dari perusahaan dengan 4 pilar utama, pendidikan, lingkungan, kesehatan dan kewirausahaan. Setiap program yang dijalankan berdasarkan hasil diskusi dengan tokoh masyarakat dan beberapa perwakilan warga, dimana pemberdayaan masyarakat ini nantinya diharapkan dapat memberikan manfaat bagi banyak warga.

Program yang diawali dengan pelatihan budidaya tanaman lidah buaya, dan berlanjut dengan serangkaian program pendampingan lainnya seperti pelatihan pengolahan hasil budidaya tanaman, pelatihan kewirausahaan, hingga penyuluhan kesehatan bagi masyarakat. Radita A. Wicaksana, Corporate Affairs Executive, CCEP Indonesia, Jakarta Operation menyatakan dengan budidaya tanaman lidah buaya ini berharap lingkungan yang asri, sehat, serta dapat terciptanya nilai tambah lainnya di tengah-tengah masyarakat dapat terwujud.

Masyarakat mendapatkan wawasan luas mengenai budidaya tanaman hingga pemanfaatan hasil budidaya dan olahannya. Raden Nugraha, salah satu tokoh masyarakat di area operasional Pabrik Bekasi 1 Cikarang Barat mengatakan, kegiatan Desa Bestari diyakini akan memberikan nilai-nilai positif di tengah masyarakat area sekitar pabrik CCEP Indonesia. Mewakili aparatur desa dan tokoh masyarakat setempat, dirinya mengapresiasi langkah yang dilakukan perusahaan.

Disamping kegiatan tersebut itu, CCEP Indonesia juga melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya, seperti donasi pendidikan bagi anak warga sekitar pabrik, infrastruktur, bahan pokok dalam rangka perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah, donasi hewan kurban dalam rangka peringatan Idul Adha, dan juga bantuan penanganan Covid-19 yang masih terjadi masa pandemi selama 2021.

CCEP Indonesia memandang program-program keberlanjutan penting untuk dilaksanakan, terlebih di tengah upaya penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional yang terus digaungkan oleh pemerintah.  Untuk itu, perusahaan akan tetap berkomitmen, bersama dengan seluruh pemangku kepentingan untuk tetap melaksanakan berbagai inisiatif program sosial kemasyarakatan dan juga lingkungan hidup. (adv)

Kick Off Desa Bestari dihadiri tokoh masyarakat dan penggerak lingkungan warga sekitar pabrik CCEP Indonesia. COCA-COLA EUROPACIFIC PARTNERS INDONESIA
Penyerahan donasi pendidikan untuk anak warga sekitar pabrik CCEP Indonesia Cikarang Barat. COCA-COLA EUROPACIFIC PARTNERS INDONESIA
Dukungan CCEP Indonesia dalam mengatasi pandemi bersama warga sekitar pabrik di Cikarang Barat. COCA-COLA EUROPACIFIC PARTNERS INDONESIA
Penghargaan Mitra CSR Jabar 2021 dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. COCA-COLA EUROPACIFIC PARTNERS INDONESIA

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin