PKKS Masih Berlangsung di SMP Swasta

PENILAIAN: Proses PKKS di SMPN 1 Bekasi. PKKS periode 2021 tingkat SMP di Kota Bekasi masih berlangsung, khususnya di satuan pendidikan swasta. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI
PENILAIAN: Proses PKKS di SMPN 1 Bekasi. PKKS periode 2021 tingkat SMP di Kota Bekasi masih berlangsung, khususnya di satuan pendidikan swasta. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) periode 2021 tingkat SMP di Kota Bekasi masih berlangsung, khususnya di satuan pendidikan swasta.

Kepala Seksi Kurikulum dan Guru Tenaga Kependidikan (GTK) SMP Dinas Pendidikan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi Mawardi menjelaskan, PKKS tingkat SMP negeri dan swasta sudah mulai dilakukan sejak awal tahun ini. Saat ini, PKKS di sekolah negeri telah selesai.


Berdasarkan data Disdik Kota Bekasi, terdapat 288 SMP dengan rincian 56 negeri dan 232 swasta.  “PKKS periode 2021 kami lakukan pada awal Januari 2022 dan saat ini masih berlangsung untuk swastanya,” kata Mawardi kepada  Radar Bekasi, Selasa (25/1).

Lebih lanjut Mawardi memperkirakan, PKKS di SMP swasta akan selesai dalam waktu dekat ini. Dengan demikian, rapat pleno dapat segera dilaksanakan.


“Rencananya swasta minggu ini selesai semua dan pada Senin depan kami akan melakukan sidang pleno untuk menentukan hasil penilaian akhirnya,” terangnya.

Sesuai Permendiknas No 35 Tahun 2010, PKKS merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menunjukkan proses dan hasil kerja yang dicapai kepala sekolah baik kualitas maupun kuantitas, ketepatan waktu kerja dan sebagainya.

Penilaian meliputi delapan standar nasional pendidikan yang dikelompokkan menjadi empat komponen yaitu, Manajerial, Supervisi, Kewirausahaan dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

PKKS dilakukan oleh dua orang pengawas dengan melibatkan perwakilan orang tua siswa dan guru. “Penilaiannya dilakukan oleh dua pengawas, jadi cepat hanya membutuhkan waktu satu hari saja,” katanya.

Sementara, Kepala SMPN 1 Bekasi Muktia Wahyudi Isra mengungkapkan, PKKS di SMPN 1 Bekasi sudah dilakukan. “Kami sudah melakukan PKKS dan saat ini hanya tinggal menunggu hasilnya saja,” jelasnya. Muktia berharap mendapatkan penilaian yang maksimal pada periode 2021 ini. “Tentunya berharap penilaian yang dilakukan bisa mendapatkan hasil yang baik,” tukasnya. (dew)