Penilaian Jelang Kelulusan Siswa Mulai Dilaksanakan

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMAN 1 Bekasi saat mengikuti PTM 100 persen. Saat ini, beberapa penilaian jelang kelulusan siswa kelas XII mulai dilaksanakan. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI
ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMAN 1 Bekasi saat mengikuti PTM 100 persen. Saat ini, beberapa penilaian jelang kelulusan siswa kelas XII mulai dilaksanakan. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pelaksanaan ujian sekolah bagi siswa kelas XII tingkat SMA/SMK di Kota maupun kabupaten Bekasi akan digelar pada April 2022. Saat ini, beberapa penilaian jelang kelulusan siswa kelas XII mulai dilaksanakan.

Kepala SMA Tulus Bhakti TB Kota Bekasi Margo Cahyono mengungkapkan, bahwa sebelum pelaksanaan ujian sekolah ada beberapa komponen penilaian yang harus dilengkapi dalam proses kelulusan siswa.


“Pada awal semester genap ini siswa kelas XII memang banyak pengambilan nilai, sebelum akhirnya akan mengikuti ujian sekolah,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Rabu (26/1).

Adapun komponen penilaian itu antara lain, ujian praktik, portofolio atau penugasan dari masing-masing mata pelajaran. Setelah itu, pelaksanaan ujian sekolah.


“Beberapa komponen penilaian yang harus terpenuhi saat ini sudah mulai dicicil oleh siswa dan selain itu penguatan materi untuk mengikuti UTBK juga sudah dilakukan,” ucapnya.

Menurutnya, rangkaian penilaian siswa jelang kelulusan memanglah cukup banyak. Sehingga kesiapannya sudah harus mulai dilakukan oleh sekolah maupun siswa.

“Memang cukup banyak rangkaian penilaian jelang kelulusan, makanya kelas XII memang sudah sangat difokuskan untuk memenuhi penilaian tersebut,” tuturnya.

Hal senada dikatakan oleh Kepala SMAN 1 Cikarang Pusat Sayuti. Ia mengatakan, saat ini siswa kelas XII sedang dalam proses pemenuhan nilai jelang kelulusan.

“Selain pendalaman materi jelang UTBK, beberapa komponen penilaian juga harus terpenuhi siswa jelang kelulusan nanti,” ujarnya.

Menurut Sayuti, pemenuhan nilai ini cukup dipermudah dengan adanya pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen yang saat ini sudah dapat dilaksanakan bagi SMA/SMK di Kota maupun Kabupaten Bekasi.

“Ini dapat dilaksanakan dengan baik karena sudah ada kebijakan tatap muka 100 persen. Kami memang sangat mengutamakan sekali pertemuan bagi siswa kelas XII, karena memang banyak persiapan yang harus dilakukan,” ujarnya.

Sementara Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMKN 8 Bekasi Hikmah Tuloh Sidik menyampaikan, saat ini persiapan juga sudah mulai dilakukan oleh sekolahnya.Baik untuk pelaksanaan ujian sekolah maupun ujian praktek.

“Kami sudah melakukan berbagai persiapannya dari sekarang, karena waktu yang tersisa bagi kelas XII jelang kelulusan gak akan terasa pasti akan sangat cepat sekali,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, pemenuhan nilai yang sesuai dengan kriteria kelulusan siswa ialah menyelesaikan seluruh program pembelajaran dibuktikan dengan rapor tiap semester, memperoleh nilai sikap minimal baik, mengikuti ujian akhir yang diselenggarakan oleh sekolah dan nilai praktik.

‘Memang komponen penilaiannya cukup banyak, makanya harus dipersiapkan mulai dari sekarang,” ucapnya.

Sekolah menghimbau agar siswa kelas XII dapat menjaga kesehatannya dengan baik agar seluruh rangkaian penilaian yang harus terpenuhi dapat dilakukan dengan tepat waktu.

“Yang terpenting jaga kesehatan agar siswa dalam hal ini bisa mengikuti seluruh rangkaian penilaian jelang kelulusan,” pungkasnya. (dew)