Berita Bekasi Nomor Satu

Kegiatan PKM STBA JIA Sasar Pelajar SMA

PELATIHAN: Tenaga pengajar STBA JIA Bekasi saat memberikan pelatihan bahasa asing kepada pelajar SMA. ISTIMEWA
PELATIHAN: Tenaga pengajar STBA JIA Bekasi saat memberikan pelatihan bahasa asing kepada pelajar SMA. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI –  STBA JIA Bekasi melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan memberikan pelatihan Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang.

Kegiatan yang mengusung tema “STBA JIA untuk Bekasi” itu menyasar pelajar SMA.  Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat membangun kepercayaan diri pelajar dalam berbahasa asing.

Ketua Pelaksana PKM STBA JIA Bekasi Yeni Noryatin menjelaskan, PKM merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, di samping dharma pendidikan dan pengajaran serta dharma penelitian. PKM ini bertujuan memberikan manfaat nyata STBA JIA bagi masyarakat.

“Dalam kegiatan PKM ini, STBA JIA fokus pada (pelajar) SMA dan setingkatnya,” jelasnya kepada Radar Bekasi, Selasa (22/2).

Melalui tema yang diusung, pihaknya berharap kegiatan PKM ini dapat memberikan dampak positif terhadap dunia pendidikan di Bekasi, khususnya terkait bidang Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan PKM dan kontribusi dari native yang secara langsung memiliki kesempatan berinteraksi dengan siswa dapat memberikan dampak positif bagi siswa agar bisa lebih percaya diri,” ucapnya.

Berbagai gagasan muncul dalam kegiatan PKM tersebut. Dimulai dari pelatihan Bahasa Inggris, pengenalan budaya Jepang hingga pembelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang.

“Saya yang saat ini juga sebagai kaprodi Sastra Inggris (S1) STBA JIA, memiliki rencana yang sudah Prodi Inggris dan Prodi Jepang rancang untuk mewujudkan kebermanfaatan untuk masyarakat Bekasi,” katanya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga mengajak para native speaker untuk ikut terjun langsung memberikan manfaat nyata bagi pendidikan di Bekasi. Sehingga para pelajar dapat mengetahui problematika dalam pembelajaran bahasa asing dan mencari solusi bersama.

Kegiatan PKM ini sudah dimulai pada Januari 2022 di SMK Persada Husada dan SMA Negeri 4 Bekasi. Sementara pada 12 Februari 2022, prodi Bahasa dan Sastra Inggris untuk kedua kalinya melakukan pengabdian kepada siswa SMK 11 Maret Cikarang yang diikuti oleh 112 siswa.

“Kali ini hanya pembahasan seputar materi bahasa Inggris saja yang disampaikan kepada siswa SMK 11 Maret Cikarang, sebelumnya untuk pembahasan seputar bahasa Inggris kami sudah lakukan di SMK Persada Husada, dan bahasa Jepang di SMAN 4 Bekasi,” terangnya.

Tema pelatihan Bahasa Inggris yang diberikan ialah “Preparing Your Interview in English”. Yang diisi oleh Mr. Sajjaad Ali yang merupakan native speaker STBA JIA yang langsung memberikan pelatihan kepada peserta mengenai “8 ways to have a successful job interview (delapan cara untuk sukses saat wawancara kerja)”.

Dengan mengetahui dan mengaplikasikan kedelapan cara tersebut, diharapkan peserta memiliki kepercayaan diri dan pikiran positif bahwa mereka akan melalui proses wawancara dengan baik.

“Kita berharap generasi muda Bekasi memiliki kepercayaan diri yang baik, bahwa mereka semua bisa untuk menguasai bahasa asing dengan baik” jelasnya.

Menurutnya, kemampuan interview dalam Bahasa Inggris tentu menjadi salah satu keterampilan yang bisa menambah nilai positif bagi pelamar untuk dapat bekerja pada perusahaan multinasional dan internasional.

Namun saat dihadapkan pada posisi harus berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, mereka seolah kehilangan rasa percaya diri akan kemampuan mereka. Karena itu STBA JIA, mengajak native speaker agar siswa memiliki pengalaman berinteraksi secara langsung.

“Kami ingin memunculkan rasa percaya diri bahwa mereka mampu menjawab pertanyaan seputar wawancara kerja dalam bahasa Inggris,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin