Penyusunan POS US Diserahkan ke Satuan Pendidikan

 BELAJAR: Siswa SMAN 1 Bekasi saat mengikuti pembelajaran tatap muka secara terbatas. Penyusunan POS penyelenggaraan US diserahkan kepada masing-masing satuan pendidikan. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI
BELAJAR: Siswa SMAN 1 Bekasi saat mengikuti pembelajaran tatap muka secara terbatas. Penyusunan POS penyelenggaraan US diserahkan kepada masing-masing satuan pendidikan. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Penyusunan prosedur operasional standar (POS) penyelenggaraan ujian sekolah (US) diserahkan kepada masing-masing satuan pendidikan.

Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah III Asep Sudarsono mengatakan, POS pelaksanaan US dan penilaian akhir tahun untuk kenaikan kelas diserahkan sepenuhnya kepada satuan pendidikan. Keputusan itu sesuai surat edaran Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.


“Untuk POS US, pihak sekolah sudah mendapatkan SE dari Disdik Jabar. Penyusunan POS US diserahkan kepada pihak sekolah dengan panduan SE,” jelasnya Radar Bekasi, Rabu (23/2).

Lebih lanjut dijelaskan, pelaksanaan US dapat dilakukan jika pembelajaran siswa kelas XII telah tuntas. Melalui SE, Disdik Jabar hanya menentukan jadwal pelaksanaan US.


“Disdik itu hanya memberikan jadwal atau rentang waktu pelaksanaannya saja, sisanya kewenangan diberikan oleh pihak sekolah. Tapi dengan tetap melaporkan semua pelaksanaannya kepada KCD,” terangnya.

Menurutnya, US tingkat SMA dan SMK memiliki jadwal pelaksanaan yang berbeda. “Untuk US SMA dapat dilaksanakan pada rentang waktu 14-31 Maret 2022, sementara jenjang dapat dilaksanakan pada rentang waktu 11-20 Mei 2022,” tukasnya.

Sementara, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 7 Bekasi Acep Hadi menyampaikan, SE terkait teknik dan jadwal pelaksanaan US sudah diterima oleh pihak sekolah.

Menurutnya, mekanisme standar penilaian US meliputi penyusunan kisi-kisi, penyusunan soal, melakukan analisis kualitatif butir soal, melaksanakan ujian, melaksanakan analisis hasil ujian, menyusun laporan dan evaluasi, serta melaporkan kepada Disdik Jabar melalui KCD.

“Ini beberapa langkah yang kami persiapkan dalam pelaksanaan US,” jelasnya.

Saat ini dalam persiapannya, sekolah sedang melakukan pematangan materi kepada seluruh siswa kelas XII. Sehingga dalam pelaksanaan US materi pembelajaran sudah tuntas diberikan.

“Pelaksanaan US itu pembelajaran harus dinyatakan tuntas, jadi kami sedang melakukan pematangan materi dan menuntaskan pembelajaran siswa,” terangnya.

Hal senada dikatakan Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMKN 15 Bekasi Dhani Irawan. Dikatakan, teknis dan jadwal pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun untuk kenaikan kelas diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah disesuaikan dengan kondisi sekolah dan peserta didik.

“Pelaksanaannya tetap memperhatikan kalender pendidikan yang diterbitkan Disdik Jabar,” tuturnya.

Dengan alur dan langkah-langkah yang sama, nantinya kelulusan siswa akan ditetapkan berdasarkan rapat dewan guru yang dibuat dalam bentuk dokumen ketetapan sekolah yang ditandatangani oleh kepala sekolah.

“Langkah dan alur pelaksanaannya kurang lebih sama dengan SMK, hanya saja yang melengkapi disini bahwa kelulusan siswa nanti ditetapkan berdasarkan rapat dewan guru yang dibuat dalam bentuk dokumen ketetapan sekolah,” pungkasnya. (dew)