Tiga Bidang Khusus Bisa Menggerakkan Kebaikan dengan Cepat

Indira Damayanthi, Ketua IGTKI Kecamatan Serang Baru

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI) Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi memiliki tiga bidang khusus untuk menjalankan program dalam satu komando sesuai visi dan tujuan organisasi.

Dengan adanya tiga bidang khusus itu, kata Ketua IGTKI Kecamatan Serang Baru Indira Damayanthi, organisasinya bisa menggerakkan kebaikan dengan cepat melalui program yang dijalankan.


“Dalam IGTKI ini kami bisa menggerakan kebaikan dengan cepat,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Sabtu (5/3).

Adapun tiga bidang khusus itu meliputi, bidang organisasi, pendidikan, dan hubungan masyarakat (humas). Setiap bidang memiliki tugas masing-masing yang harus dijalankan secara bersamaan.


Untuk bidang organisasi, meliputi kegiatan rapat anggota. Tugasnya melakukan pembahasan seputar program maupun permasalahan yang dihadapi oleh lembaga TK.

“Dalam bidang organisasi ini kami membahas program, permasalahan, hingga cara mengatasi berbagai persoalan yang memang terjadi ketika berada di lapangan,” terang Indira-begitu ia disapa.

Kemudian bidang pendidikan terbagi menjadi dua bagian, yaitu bidang pendidikan siswa meliputi kegiatan porseni, pengenalan manasik haji, pesta prasiaga dilakukan secara bersama.

Setelah itu bidang pendidikan guru, meliputi pelatihan workshop seperti kurikulum, IT, administrasi kelas, study banding dan pelatihan lainnya juga dilakukan secara bersama.

“Ini adalah cara kami untuk menyatukan tujuan, dimana semua kegiatan dan program kami rencanakan dan lakukan secara bersama,” tutur perempuan berusia 41 tahun ini.

Selanjutnya bidang humas. Selain program inti,  juga melakukan kegiatan sosial seperti baksos terencana dan baksos tidak terencana. “Baksos terencana disini kami selalu memberikan santunan kepada panti asuhan atau anak yatim setiap bulan Muharram. Kemudian untuk baksos tidak terencana, kami selalu bergerak cepat jika ada bencana dengan melakukan penggalangan donasi,” katanya.

Menurut Indira, ketika satu organisasi memiliki visi yang sama antar pengurus organisasi, anggota dan para wali murid, maka semua program dan kegiatan akan berjalan dengan baik.

“Selalu guyub ini yang kami lakukan sama IGTKI Kecamatan Serang Baru. Kami sangat merasakan keberadaan organisasi ini, karena kami berusaha terus aktif dan terus menjalankan program-program yang ada sesuai dengan bidangnya,” tukasnya. 

PAUD Punya Tantangan Berbeda

 Menjadi guru lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan impian Indira. Oleh karena itu, dirinya sangat senang menjalani profesinya tersebut.

Ia sangat bersyukur, tidak hanya diberikan kesempatan menjadi guru tetapi juga kepala sekolah karena sejak 2005 telah mampu mendirikan lembaga PAUD.

 “Saya sejak kecil memang ingin sekali menjadi seorang guru, qadarullah saya dikasih kesempatan untuk bisa membuka lembaga pendidikan. Jadi punya kesempatan dobel, bukan guru saja tapi juga jadi kepala sekolah,” ungkapnya.

Indira mengungkapkan alasannya memilih menjadi tenaga pengajar di lembaga PAUD. “Saya memilih lembaga pendidikan anak usia dini, karena sangat senang sekali dengan anak-anak. Lembaga pendidikan anak usia dini menurut saya juga memiliki tantangan yang berbeda, jadi saya senang banget,” katanya

Menjadi kepala sekolah sekaligus guru di lembaga pendidikannya saat ini, Indira, berhasil meraih sejumlah penghargaan. Antara lain, juara 1 Guru TK Berprestasi tingkat Kabupaten Bekasi 2017 dan juara 1 Kepala Sekolah TK Berprestasi tingkat Kabupaten Bekasi 2019.

“Alhamdulillah dengan dibukanya lembaga pendidikan anak usia dini, keberkahan selalu saya dapatkan. Saya tidak menyangka penghargaan ini bisa saya raih, ini tidak akan terjadi jika support dari keluarga, rekan, orang tua dan anak-anak didik saya tidak ada,” jelasnya. Kedepan, dirinya akan terus berupaya untuk meningkatkan dedikasinya sebagai seorang guru dan kepala sekolah bagi peserta didiknya. (dew)

BIODATA

Indira Damayanthi

Lahir: Jakarta, 10 Januari 1981

Riwayat Pendidikan:

  • SDN Pelita Bahagia (1993)
  • MTsN 1 Kota Bekasi (1996)
  • MAN 1 Kota Bekasi (1999)
  • D1 PGTK Al Wathoniyah Pusat Jakarta (2004)
  • S1 PGSD Universitas Terbuka (2015)
  • S2 PGPAUD Universitas Negeri Jakarta (2020)