Komitmen Mendorong Guru yang Berkualitas

Siti Aminah, Ketua HIMPAUDI Kabupaten Bekasi

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kabupaten Bekasi berkomitmen mendorong guru yang berkualitas melalui sejumlah program.

HIMPAUDI hadir sebagai sarana bagi para guru PAUD dalam meningkatkan kompetensi melalui program pendidikan dan pelatihan (Diklat) maupun workshop yang dilaksanakan rutin satu minggu maupun satu bulan sekali.


Ketua HIMPAUDI Kabupaten Bekasi Siti Aminah mengungkapkan, peningkatan kompetensi bagi guru penting bagi keberlangsungan PAUD.

“Peningkatan kompetensi guru itu sangat dibutuhkan, karena kebijakan pemerintah itu kerap kali berubah. Sehingga kita sebagai seorang pendidik itu harus update melalui workshop ataupun Diklat,” ujarnya kepada Radar Bekasi Sabtu (12/3).


Seperti di masa pandemi Covid-19 ini misalnya, kata Aminah, mengharuskan semua guru melakukan proses pembelajaran secara daring. Pembelajaran secara jarak jauh itu menjadi sesuatu yang tidak terduga bahkan belum dilakukan persiapan apapun.

Meskipun demikian, guru harus siap dan tetap terus menjalani kewajibannya sebagai tenaga pendidik yaitu memberikan proses pembelajaran kepada peserta didik.

“Pandemi merupakan salah satu contoh, dimana kita sebagai sebuah organisasi profesi harus sigap dengan apa yang terjadi di dalam dunia pendidikan. Sebelumnya kita sebagai seorang pendidik pasti tidak pernah terpikirkan bahwa proses pembelajaran akan dilakukan secara online, sehingga belum ada persiapan apapun untuk metode pembelajaran yang tepat,” tutur perempuan berusia 47 tahun ini.

HIMPAUDI Kabupaten Bekasi memiliki target untuk membangun guru PAUD yang tangguh, berprestasi, mandiri dan berintegritas. Untuk mewujudkan hal itu, HIMPAUDI mendorong pendidik PAUD memiliki kualifikasi kompetensi pendidikan minimal strata 1 (S1) atau memiliki sertifikat Diklat Dasar (Diksar).

“Melalui target ini lah saya yakin kompetensi guru akan semakin meningkat,” jelasnya.

Saat ini, HIMPAUDI Kabupaten Bekasi memiliki anggota sekitar 2.500 guru. Dari total guru itu, diperkirakan masih cukup banyak yang mengejar pendidikan minimal S1.

“Saya belum hitung persentasenya, tapi lumayan juga yang belum memiliki standar pendidikan minimal S1. Tapi saat ini sedang bergerak guru PAUD untuk kuliah S1 dan progresnya memang cukup bagus sekali,” katanya.

Dengan target dari HIMPAUDI Kabupaten Bekasi, diharapkan dapat memberikan perkembangan yang baik bagi dunia pendidikan di Indonesia khususnya Kabupaten Bekasi. Sehingga dapat mencetak generasi penerus bangsa yang berkompeten.

Sebab menurutnya PAUD merupakan jenjang pendidikan dasar yang cukup berpengaruh untuk membentuk karakter siswa. “Saya berharap tujuan dan target yang saat ini sedang dilakukan oleh HIMPAUDI Kabupaten Bekasi dapat berjalan dengan baik. Karena pendidikan dasar PAUD ini penting sekali diberikan kepada siswa, sehingga tentunya diharapkan juga kami sebagai seorang pendidik memberikan kompetensi dasar yang baik juga kepada siswanya,” pungkasnya.

Senang Menimba Ilmu

Anita merupakan perempuan yang begitu senang dalam menimba ilmu.

“Saya itu senang belajar, menimba ilmu dan mencari pengalaman. Menurut saya tidak ada kata berhenti untuk menimba ilmu, karena tanpa kita sadari masih banyak pelajaran dan ilmu yang sampai saat ini belum kita pelajari,” ungkapnya.

Pada 2004, dirinya memutuskan untuk menjadi ketua penyelenggara KB Madani 01 Kabupaten Bekasi. Pada 2009, Aminah mulai aktif mengikuti berbagai pelatihan baik secara langsung maupun daring. Menurutnya dengan mengikuti berbagai macam pelatihan, pengalaman dan ilmu secara otomatis bisa didapatkan.

“Kadang orang mikirnya males ah ikut pelatihan, mending waktunya buat istirahat aja. Nah, ini adalah pola pikir yang harus diubah. Karena menurut saya dengan aktif mengikuti pelatihan kita bisa banyak menimba ilmu, selain itu bonusnya kita akan menambah relasi yang lebih luas,” ucapnya.

Terbukti dari aktifnya mengikuti berbagai macam pelatihan, dirinya berhasil meraih sejumlah penghargaan. Antara lain, juara 2 Pengelola Gugus PAUD tingkat Kabupaten Bekasi 2019, juara 1 Tutor Teladan tingkat Kabupaten Bekasi 2009, juara 3 tutor Teladan Kabupaten Bekasi 2007, juara 1 Pengelola TBM tingkat Kabupaten Bekasi 2018 dan sukses menjadi narasumber dalam kegiatan PP HIMPAUDI Olahraga Budaya Sunda.

“Saya tidak pernah terbayang bisa meraih pencapaian seperti ini, karena yang saya tuju adalah bagaimana dunia pendidikan lebih baik lagi. Dan saya sebagai salah satu orang yang ingin berperan di dalamnya, berusaha terus untuk mengasah kemampuan saya dengan tidak pernah bosan untuk menimba ilmu,” pungkasnya. (dew)

BIODATA

Siti Aminah

Lahir: Blitar, 24 Januari 1975

Riwayat Pendidikan:

  • MI Roudlotul Nasyiin (1998)
  • MTs Assafi’iyah (1991)
  • MA Raden Rahmat (1994)
  • S1 PAI STAI Siliwangi (2008)
  • S2 Manajemen Pendidikan STIMA IMMI Jakarta (2018)