Telkom Intensif Pantau Kesiapan Infrastruktur

SERAH TERIMA: Executive General Manager Divisi Service Operation Telkom Akhmad Ludfy (empat dari kiri), bersama Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom yang sekaligus sebagai Ketua Satgas TelkomGroup MotoGP Mandalika 2022, Teuku Muda Nanta (tiga dari kanan), usai penandatanganan serah terima hasil rehearsal test seluruh jaringan maupun layanan TelkomGroup, untuk mendukung kompetisi dunia MotoGP, disaksikan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah (empat dari kanan), dan sejumlah Direksi Telkom, di Lombok, minggu lalu. DOK.TELKOM/RADARBEKASI.ID
SERAH TERIMA: Executive General Manager Divisi Service Operation Telkom Akhmad Ludfy (empat dari kiri), bersama Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom yang sekaligus sebagai Ketua Satgas TelkomGroup MotoGP Mandalika 2022, Teuku Muda Nanta (tiga dari kanan), usai penandatanganan serah terima hasil rehearsal test seluruh jaringan maupun layanan TelkomGroup, untuk mendukung kompetisi dunia MotoGP, disaksikan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah (empat dari kanan), dan sejumlah Direksi Telkom, di Lombok, minggu lalu. DOK.TELKOM/RADARBEKASI.ID

RADARBEKASI.ID, LOMBOK — Jelang pelaksanaan kelas utama kompetisi dunia MotoGP tinggal menghitung hari, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) secara intensif melakukan peninjauan kualitas layanan dan jaringan infrastruktur yang berada di venue Mandalika Circuit.
Guna menjamin keandalan layanan dan jaringan, Telkom melakukan rangkaian rehearsal test, atau uji simulasi di Aula STO Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada minggu lalu.
Rangkaian kegiatan ini, diawali dengan kunjungan Komisaris Telkom Indonesia, Arya Mahendra Sinulingga, dilanjutkan dengan uji simulasi yang dihadiri oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah, Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko, Direktur Enterprise and Business Service Telkom, Edi Witjara, serta Direktur ITDC Utilitas, Hari Wibisono.
Selain jaringan, pada rehearsal test pun dilakukan uji coba seluruh layanan TelkomGroup yang tersedia di event tersebut.
Simulasi dilakukan dibeberapa titik kritis, diantaranya terhadap jaringan akses, menguji tingkat latensi, kualitas dan kecepatan koneksi, sistem keamanan, hingga melakukan simulasi stress test atau memberi pembebanan user yang tinggi.
Selain itu, mengingat keragaman layanan yang ada meliputi layanan Telkomsel, data, dan internet, hingga WiFi, rehearsal test juga dilaksanakan terhadap jaringan akses atau last-mile yang secara spesifik dilakukan di lokasi pit building, sebagai fasilitas untuk seluruh pembalap dan team official MotoGP.
Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah yang menyaksikan rangkaian rehearsal test, mengapresiasi simulasi yang berjalan tanpa kendala.
Sementara itu, dari sisi infrastruktur, Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko mengatakan, bahwa timnya telah banyak mencatat lesson learnt dari event World Superbike (WSBK), beberapa waktu silam di mana Telkom pun turut berperan dalam penyediaan layanan telekomunikasi.
“TelkomGroup telah memiliki lesson learnt pada event WSBK, beberapa waktu silam. Kami juga sudah melakukan perbaikan pada beberapa titik dengan menambah bandwidth layanan, sehingga saat ini, kami siap untuk penyelenggaraan MotoGP. Kami menjamin, bahwa apa yang disampaikan Telkom, melalui konektivitas dan service ICT, akan memiliki performa yang maksimum. Juga tidak lupa, kami panjatkan doa kepada Allah SWT, agar kita semua diberikan kesehatan dan kekuatan, untuk mengawal kegiatan ini dengan baik, dan apa yang diharapkan, berjalan dengan lancar pada saat event berlangsung,” ucap Herlan.
Selanjutnya, Direktur Enterprise and Business Service Telkom, Edi Witjara berharap, apa yang telah dilakukan oleh Telkom, tidak hanya sekadar mendukung dalam layanan telekomunikasi, tetapi juga dapat mendukung kemajuan wilayah Nusa Tenggara Barat.
“Kami dari TelkomGroup, akan secara maksimal mendukung dan menyukseskan event internasional ini, sekaligus berupaya menyediakan berbagai sarana dan fasilitas telekomunikasi yang ada di area Mandalika. Mudah-mudahan, apa yang telah kami siapkan ini, dapat dengan sempurna mendukung kesuksesan event MotoGP. Lebih dari itu, kami harap seluruh dukungan juga dapat berperan untuk memajukan wilayah Nusa Tenggara Barat ke depannya,” tutur Edi.
Untuk penyelenggaraan MotoGP, TelkomGroup menyediakan 1.908 BTS untuk layanan Telkomsel yang juga meng-cover jaringan 5G, layanan Astinet dengan kapasitas mencapai 920Mbps, serta layanan Wi-Fi melalui 125 Access Point berkapasitas 6 Gbps yang tersebar untuk enam area di antaranya medical center, pit building, paddock, race control, tv compound, dan area tribune untuk spectator.
Sebagai fungsi monitoring, TelkomGroup menyiapkan sejumlah empat posko 24/7 yang berlokasi di Witel Mataram dan Mandalika, untuk memonitor infrastruktur transport dan elemen network ICT services TelkomGroup.
Selain itu, ratusan personel pun disiapkan untuk pengamanan seluruh alat produksi, agar selalu dalam keadaan baik. Posko tersebut dilengkapi dengan Mini Network Operation Center atau Mini NOC yang terintegrasi dengan Posko Telkom Integrated Operation Center (TIOC) yang berjenjang dari level regional hingga nasional.
Lanjut Edi, selain rehearsal test, TelkomGroup juga melaksanakan apel kesiapan kerja untuk seluruh personel yang bertugas mengamankan dan menyukseskan infrastruktur pada gelaran MotoGP di Mandalika Sirkuit.
Ia menjelaskan, partisipasi Telkom dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan helatan kelas dunia ini, merupakan bentuk komitmen untuk selalu berperan dalam pengembangan destinasi wisata super prioritas di Indonesia.
“Melalui layanan ICT yang andal, dapat menghadirkan kenyamanan berkomunikasi dan pengalaman terbaik bagi para wisatawan domestik, maupun internasional. Sehingga, para wisatawan tidak akan kehilangan momen berharga untuk dibagikan dan mengundang lebih banyak pengunjung yang nantinya akan meningkatkan pertumbuhan kawasan wisata di Mandalika,” tutup Edi. (bis)